Skip to main content

FKIP Kimia UNRI, Banyak Prestasi

SIAPA sangka kalau program studi (Prodi) Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau (Unri) yang baru seumur jagung namun punya banyak prestasi. Prodi Kimia FKIP Unri yang dibentuk berdasarkan SK dari Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Dirjen-Dikiti) No 103/DIKTI/Kep/1994, tertanggal 19 April 1994 telah mempunyai prestasi yang banyak baik di bidang akademis maupun kemahasiswaan.


Di bidang akademis, Prodi yang kini dipimpin oleh Roza Linda SSi MSi memiliki prestasi yang cukup diperhitungkan, di antaranya berhasil meraih Akreditas B, pada 2 Juli 2004. Hal ini sekaligus menjadikan Pendidikan Kimia satu-satunya Prodi pada masa itu yang terakreditas B bersama Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Prestasi akademis Prodi ini juga ditunjukkan dengan tamatannya yang mampu bersaing di dunia kerja, terutama menjadi pahlawan tanpa tanda jasa. Di mana lulusan Prodi ini tersebar di Provinsi Riau, Kepri, Sumbar, dan Sumut.

Ditambah lagi Prodi ini selalu mendapat bantuan dari pihak lain untuk melakukan penelitian, maka tidak heran jika dosen Prodi Pendidikan Kimia ini terus melakukan penelitian bagi kemajuan dunia pendidikan.
Saat ini Prodi Pendidikan Kimia, diasuh oleh 20 orang dosen, dengan rincian satu orang S3, 17 orang S2 (6 orang sedang proses S3), dua orang S1 (sedang proses S2). Sedangkan di bidang kemahasiswaan, Prodi Kimia tidak perlu ditanya lagi.

Lewat Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia (Himaprostpek), berbagai prestasi telah di raih, baik tingkat fakultas maupun universitas. Salah satu prestasi membanggakan adalah berhasil meraih akreditas A untuk Hima se-Unri pada tahun 2007.
Berbagai agenda skala provinsi pun dilakukan oleh Himaprostpek yang kini dipimpin oleh M Almurdani.

Agenda yang paling besar adalah Olimpiade Kimia. Beberapa bulan yang lalu, Olimpiade Kimia (OK) V telah sukses dilaksanakan, dan Agustus nanti, OK VI siap dilaksanakan oleh mereka (anggota Himaprostpek).
‘’Saat ini kami sedang mempersiapakan segala hal untuk OK VI, walau masih lama,’’ kata Al Murdani di sela-sela kesibukannya merenovasi ruang Hima yang akan jadi kantornya setahun ke depan.


Selain itu, Prodi ini juga selalu mewakili Unri selama tiga tahun berturut-turut dalam Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) baik tingkat Regional Barat, maupun nasional.
Oleh karena begitu banyaknya prestasi, ada muncul keinginan dari Ketua Prodi Pendidikan Kimia, Roza Linda SSi MSi untuk kembali mengakreditas Prodi yang dipimpinnya untuk mendapatkan nilai A. ‘’Keinginan itu sangat besar bagi kami, selaku dosen dan mahasiswa. Oleh karenanya, kami saat ini sedang mempersiapkan semua itu, kan proses itu gak semudah membalikkan telapak tangan.

Untuk saat ini, kami memiliki mahasiswa penerima DCR 2007 sebanyak 2 orang dan 1 orang DCR 2005,’’ kata ibu yang ramah ini saat disinggung mengenai DCR (Darmasiswa Chevron Riau) yang untuk 2008 baru saja berakhir.


Nah, bagi sobat Xpressi (Sobex) yang kini kelas XII, Prodi Pendidikan Kimia FKIP Unri bisa menjadi pilihan. Mengapa? Karena Prodi Pendidikan Kimia adalah anak bawang yang gemilang.(Indra Purnama, Mahasiswa Jurusan Kimia FKIP Unri/nto)

Comments

  1. Assalamu'alaikum wr. wb

    Alhamdulillah, hidup pendidikan kimia !
    Ane (Sukarni, skrg di bekasi) sbg alumni angkatn pertama turut bangga, smg dpat trus ditingkatkan. Slm to P Rery, B Is dan semua dosen serta seluruh alumni dan mhs. (email : pethunmop@yahoo.co.id)

    ReplyDelete

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca