Skip to main content

Simpleindo Band

Eksis Lewat Musik
Musik adalah inspirasi. Musik juga pemberi warna dunia. Karena itu juga, tak heran bila Pencinta musik tidak akan pernah hilang. Tua muda, semua suka musik, tergantung dari seleranya mereka yang ingin memainkan atau sekedar mendengarkannya. Omong-omong soal selera yang satu ini, para pegiat musik juga sepertinya tak akan pernah habis. Hilang satu tumbuh seribu. kalau para pemusik lawas sudah banyak yang alih profesi pada dunia lain, belakangan, kawula muda khususnya pelajar juga lagi 'booming' dengan selera memainkan alat-alat musik. Mereka mengekspresikan inspirasi dan warna musiknya dengan nada dan bait lagu yang indah dan unik, salah satunya adalah Simpleindo Band.

Tak hanya bermusik untuk 'happy' tentunya, namun juga dibarengi prestasi. Band yang berasal dari gabungan pelajar SMP dan SMA ini tebentuk pada tanggal 5 Agustus 2000 lalu, artinya, sudah cukup makan asam garam. Group band yang beranggotakan enam personil ini yaitu Ndien (Vocalis), Yopi (Vokalis), Hatta (Gitaris), Rizki (gitaris), Haikal (Bassis) dan Allem (Drumer) ini sudah malang melintang lama berbagai iven kejuaraan antar band dan menorehkan prestasi yang juga tak kalah seru.

Tapi...Sebelum itu, kita pasti ingin tau dong history dari terbentuknya band ini. “Dulu, kami semua pada masih SMP dan nama band kami Simple Band,'' ungkap Hatta membuka pembicaraan kepada Xpresi pertengahan pekan ini. Karena sering mendapat dukungan dan dibantu oleh Indosat, bahkan sering nampil pada acara-acara yang digelar oleh perusahaan komunikasi itu, akhirnya namanya berubah menjadi Simpleindo Band. ''Salah satu ortu dari personil Simple Band kebetulan Ir Alfredo yang merupakan Manager Indosat saat itu. Mereka banyak membantu kami untuk ikut nampil pada iven mereka. Lama-lama predikat Indosat itu seperti lengket dengan diri kami, makanya, nama band kami pun berubah menjadi Simpleindo Band”, jelas Hatta yang seperti mengenang saat perubahan nama tersebut.

Tapi, itu saja tak cukup dong, harus ada prestasi. Nah, Kalau ditanya prestasi,karena begitu banyaknya, mereka sampe mengaku tidak bisa diingat satu persatu. Artinya, kalau dibayangkan, banyak sekali prestasi yang mereka raih. udah sejak 8 tahun yang lalu gitu loh. ''Kita juga udah pada enggak ingat, tapi kami pernah juara umum lomba band di SMA Negeri 11, juara 2 SMAN 4, Juara 1 SMK Masmur, juara 2 Festival FKIP dan baru-baru ini juara 2 MD dan gitaris terbaik”, tambah Hatta yang ngaku pernah menjadi the best gitarist 13 kali. Prestasi yang diraih oleh Simpleindo band ini tidak luput dari Doni Irawan yang merupakan Manager sekaligus ayah dari salah satu personil Simpleindo band ini (orang tua Hatta). Kedisiplinan dan dengan latihan rutin sekali seminggu merupakan modal bagi mereka untuk siap unjuk gigi di berbagai event. Walau di menej oleh orang tua sendiri, namun, sang manager juga mengaku bahwa beliau selalu memberi kebebasan terhadap para personil dan memberi inovasi untuk berkreatifitas.

Cuma satu hal yang bisa mengalahkan kreativitas tersebut, yakni sekolah. Band yang terinspirasi dari Dream Theatre ini unik nya juga mempunyai dua studio pribadi untuk latihan. “Kami punya studio sendiri, satu di Rajawali Sakti dan satu lagi di Ahmad Dahlan, itu khusus buat tempat hangout sekaligus tempat latihan kami”, jelas Hatta panjang lebar. Udah 8 tahun terbentuk pasti dong punya kesan menarik waktu tampil? “yang paling unik waktu di XGTS di SKA, senar gitar Hatta putus saat sedang melodi , tapi kami tetap lanjut kok”, jelas mereka sambil nyengir.

Nampil dalam satu kejuaraan tak mutlak harus menjadi juara, karena, bagaimanapun, musik bukanlah berakhir pada menang dan kalah. Musik lebih menjurus pada bagaimana bisa memberikan satu hiburan yang menarik kepada orang lain lewat bait lagu maupun alunan melodi. “ Menang kalah itu biasa, dan kita harus introspeksi intropeksi diri, dan untuk selanjutnya harus lebih baik lagi, sekarang kami sedang mempersiapkan diri untuk festival Pabel, rekaman dan bintang tamu di Launcing Hary Potter episode lanjutan. Untuk harapan, yng jelas, Simpleindo selalu punya keinginan tetap eksis di dunia musik. KIta punya obsesi menjadi yang terbaik lewat musik. Jadi tolong doakan kami yah..?''ungkap Ndien, vokalis cewek di band ini.(bud/wido CCMD SMA Negeri 4 Pekanbaru)

Comments

Paling Banyak Dibaca