Skip to main content

Pentingnya Human Capital

Sumber daya manusia yang tangguh sesungguhnya hal yang terpenting dalam pembangunan bangsa Indonesia. Sebab, pembangunan fisik yang seperti apapun hebatnya, jika tak diiringi dengan kemampuan SDM yang kuat, akan sia-sia. Selama ini, BUMN yang menjadi perusahaan ‘’plat merah’’ tampaknya kerap mengabaikan hal itu.
BUMN asyik mengurus pertumbuhan perusahaan, dengan mempekerjakan para ahli dari luar, namun ‘’lupa’’ membina anak jati sendiri untuk regenerasi pembangunan negeri berkelanjutan.
Makanya, harta terpenting sebuah korporasi, termasuklah di dalamnya BUMN bukanlah ‘’people’’. Yang benar adalah ‘’the right people.’’ Mereka inilah yang akan menjadi motor penggerak, membawa korporat fit dengan beradaptasi menavigasi perusahaan mengarungi masa depan.
Human capital perlu terus dibangun untuk menciptakan kesadaran kolektif tentang pembangunan SDM, khususnya pengembangan BUMN dalam konteks ini. Gagasan yang dipaparkan dalam buku ini menjelaskan bahwa bahwa human capital Indonesia sebenarnya memiliki potensi yang dahsyat. Terutama jika mereka mampu menjadi local genius yang memiliki comparative advantage dan competitive advantage.
Buku ini merupakan salah satu sumber pengembangan BUMN dari sisi SDM. Diberi pengantar oleh presiden, menteri BUMN, pimpinan human capital, dan beberapa orang lainnya, tentu buku ini bukan sembarangan. Buku ini dapat dikatakan sebagai rangkaian mata rantai yang penting dalam proses re-code SDM BUMN.
Sudah saatnya SDM BUMN berpikir lebih maju dalam berkompetisi dengan perusahaan global, apalagi kelas dunia. Kendati kental dengan nuansa BUMN, buku ini layak dibaca kalangan non BUMN, khususnya bagi yang menangani perusahaan besar.***
Rahmadi Hidayat
Alumnus UIN Suska

Comments

Paling Banyak Dibaca