Skip to main content

Disosialisasikan di Babussalam


GUNA mendorong peningkatan pengetahuan, ketaatan dan kesadaran warga pondok pesantren dalam upaya pelestarian lingkungan hidup berdasarkan ajaran Islam, Kemestrian Negara Lingkungan Hidup meluncurkan program Eco-Pesantren sebagai salah satu program melibatkan setiap warga pondok pesantren yang berperan aktif dalam kegiatan mewujudkan lingkungan bersih dan sehat.

‘’Tujuannya untuk menggerakan warga pondok pesantren mengaplikasikan proses belajar mengajar materi lingkungan, berdasarkan ajaran Islam dan berpartisifasi melestarikan lingkungan hidup di pondok pesantren sekitarnya,’’ ujar Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan Kementrian Negara Lingkungan Hidup RI Ir Bambang Widyantoro yang melakukan sosialisasi program Eco-Pesantren, Sabtu (17/5) di Pesantren Babussalam Pekanbaru.

Program Eco-Pesantren ini merupakan program menuju pesantren ramah lingkungan. Program ini sejalan pula dengan ajaran Islam yang cinta kebersihan.
Program kebersihan ini, direspon baik oleh Ketua Yayasan Babussalam H Ismail Royan. Memang permasalahan pondok pesantren dengan banyaknya hal-hal yang mengganggu keindahan pada lingkungan itu sendiri. ‘’Kami juga merasakan ilmu permasalahan lingkungan sangat kurang, kami sangat setuju sekali mendapat kerjasama dengan orang yang ahlinya mengenai lingkungan,’’ ucap Ismail Royan.

Apalagi di pesantren ini cukup banyak perempuan. Bahkan sebaliknya mereka ada ditengah-tengah pesantren ini. Tentu pula, sehingga tidak menginginkan bahan pembalut kewanitaan dibuang begitu saja, harus pada tempatnya,’’ ucap Ismail Royan.(nto)

Comments

Paling Banyak Dibaca