Skip to main content

Penyuluhan Berlalu Lintas

Mematuhi peraturan lalu lintas harus dilakukan siapa saja tidak terkecuali pelajar. Bahkan data yang dimiliki Satuan Lalulintas, sebagian besar pelanggaran lalu lintas dilakukan oleh para pelajar. Di SMPN 2 Ujung Batu penyuluhan berlalu lintas diadakan, Kamis (3/4) lalu. Para siswa berbaris di halaman sekolah lalu dengan tertib mengikuti dan mendengarkan penyuluhan ini. Awalnya takut juga, karena tiba-tiba polisi datang ke SMPN 2 Ujung batu. Tetapi, setelah tahu bakal diadakan penyuluhan, rasa takut berubah jadi senang karena bakal mendapat informasi terbaru tentang berlalulintas yang baik dan benar.

Tertib lalu lintas ternyata sangat penting, selain menyelamatkan dari razia kendaraan yang digelar pihak kepolisian, sekaligus dapat menghindarkan dari bahaya.Apalagi bagi siswa yang sudah duduk di kelas IX atau kelas XII, sebentar lagi akan mengadakan UN. Semuanya harus sehat walafiat dalam mengikuti ujian tersebut. Jadi, baik hendka pergi maupun pulang sekolah harus berhati-hati dalam berkendaraan.


SJ Siregar, Satlantas Polres Rokanhulu mengatakan, penyuluhan akan diadakan secara bertahap. Penyuluhan awal diberikan agar para siswa mengenakan helm saat berkendara. Setelah semua mematuhi peraturan ini, baru dilanjutkan dengan penyuluhan lainnya.SJ Siregar juga mengatakan, siapa yang tidak mematuhi aturan berlalulintas khususnya pelajar, akan diberi peringatan. Tapi jika masih melanggar maka akan diajukan ke pengadilan.

‘’Saya pernah ditangkap polisi karena tidak memakai helm saat mengendarai sepeda motor. Tapi syukurlah karena hanya diberi peringatan. Ke depan saya akan patuhi peraturan berlalulintas,’’ Dita.

Apa yang menimpa Dita hendaknya dapat menjadi cermin agar hal yang sama tidka kembali terulang jawabannya harus tertib berlalulintas. Pelajar memang harus menjadi contoh yang baik bagi masyarakat. (Vina, Ilham, SMPN 2 Ujungbatu).

Comments

Paling Banyak Dibaca