Skip to main content

Akankah Pemerintah Juga Blokir Google?

Film kontroversial ‘Fitna’ tak hanya beredar di situs YouTube. Film anti Islam garapan anggota parlemen Belanda Geert Wilders ini sudah menyebar ke berbagai situs di internet dan juga blog. Bahkan, film tersebut juga menyebar di situs Google Video. Akankah situs Google Video juga akan menjadi sasaran pemblokiran pemerintah? Atau, mungkinkah Google yang secara total bakal diblokir?

Tak terucap kata ‘Ya’ atau ‘Tidak’ ketika detikINET melontarkan pertanyaan itu. Gatot S. Dewa Broto, Kabag Umum dan Humas Ditjen Postel, hanya mengatakan bahwa saat ini tengah dibicarakan mekanisme teknis yang lebih elegan untuk pemblokiran situs yang memuat film ‘Fitna’.

‘’Kita sih prinsipnya selektif, pemerintah tidak ingin menutup sembarangan. Saat ini sedang dibicarakan mekanisme teknis untuk pemblokiran yang lebih elegan. Kami tidak ingin seperti mencari tikus dalam rumah, lalu membakar rumahnya,’’ kata Gatot yang dihubungi detikINET, Senin (7/4/2008).

Gatot juga mengakui bahwa tak mudah untuk memblokir film Fitna secara khusus. ‘’Tapi paling tidak, pemerintah sudah mengirimkan surat berisi imbauan agar situs-situs dan blog yang memuat konten Fitna segera diblokir, meski tak secara spesifik disebutkan apa nama situsnya,’’ imbuh Gatot tanpa mau berkomentar lebih banyak lagi.(net/nto)

Comments

Paling Banyak Dibaca