Skip to main content

Gali Inovasi dalam Pengajaran K3S - KKG

Tampan Komit Tingkatkan Profesionalisme

Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) SD Gugus VI Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, sepakat meningkatkan profesionalisme kepala sekolah dan guru. Caranya, yakni dengan menggelar pertemuan rutin setiap 2 kali dalam sebulan.

Seperti pertemuan yang digelar Sabtu (6/12), bertempat di SD 016 Tampan Pekanbaru. Pertemuan dihadiri Wakil Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pekanbaru Drs Hermaniyus MM, Kepala Cabang Disdikpora Tampan Ahmad, Pengawas dan Kepala Sekolah dan guru dalam lingkup Gugus VI, Tampan.

Dalam acara yang sekaligus silaturrahmi dengan Wakadis tersebut, Hermaniyus menyebutkan, saat ini guru memang dituntut untuk meningkatkan profesionalismenya.
‘’Hampir 80 persen persoalan pendidikan, tergantung pada pundak guru. Selebihnya barulah faktor lain,’’ katanya dihadapan sekitar 150 orang guru di Gugus VI Tampan.
Hermaniyus juga mengingatkan beberapa peran guru di era globalisasi saat ini.


Diantaranya sebagai transfer ilmu pengetahuan kepada anak didik, guru juga harus memperhatikan performance agar bisa diterima dan menyenangkan bagi murid dan lainnya. ‘’Jadi melalui pertemuan rutin KKG ini hendaknya bisa memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi oleh para guru, sekaligus mencarikan dan membuat inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran,’’ ingatnya.

Salah satu upaya meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru ini jelas Hermaniyus, pemerintah melakukan sertifikasi guru. Hingga 2007 lalu tercatat sudah terdapat sebanyak 750 orang guru yang sudah mendapat sertifikasi ditambah 2008 mencapai 1.000 orang.

Sementara Kepala Sekolah SD 016 Zulkarnain SPd selaku penyelenggara kegiatan KKG dan K3S, dalam laporannya menyebutkan, Gugus VI KKG dan K3S Tampan ini baru seusia jagung. Namun demikian telah mampu menciptakan beragam inovasi dalam bidang pengajaran.

‘’Di KKG dan K3S ini kami saling mengisi kekurangan dan hambatan yang ditemui dalam proses belajar mengajar. Bila KKG berlangsung optimal, diharapkan daya serap anak makin tinggi,’’ kata Zulkarnain.
KKG dan K3S Gugus VI Tampan ini, beranggotakan sebanyak 7 sekolah dasar yang 4 diantaranya negeri dan 3 swasta. Jumlah guru sebanyak 148 orang yang dan murid mencapai 3 ribuan orang lebih.(kaf)

Comments

Paling Banyak Dibaca