Skip to main content

Tak Punya Biaya, Aku Terpaksa Berhenti Kuliah

Xpresi yth,
Perkenalkan, nama aku Mila. Asalku dari sebuah kecamatan di Riau. Aku ingin curhat denganmu Xpresi, semoga kamu dapat membantu permasalahan yang sedang kuhadapi saat ini.

Begini Xpresi, penerimaan mahasiswa baru tahun lalu, aku ikut mendaftar di sebuah perguruan tinggi swasta di Pekanbaru ini dan aku lulus tes. Tetapi dalam perjalanan kuliah beberapa bulan ini aku terpaksa berhenti, karena orang tuaku tidak sanggup membiayaiku lagi. Aku sangat sedih atas kejadian yang menimpa diriku ini, tetapi bagaimanalah, ekonomi orang tuaku sangat terpuruk, apalagi semua hasil tani yang diusahakan orang tuaku semuanya harganya merosot, sehingga jangankan mau membiayai aku kuliah, buat makan keluarga kami saja sudah susah.

Yang ingin ku minta bantuansaranmu Xpresi adalah, bagaimana kalau aku bekerja pada malam hari dan kuliahnya siang harinya. Sebab, lowongan kerja yang pernah ada buat aku hanya pada malam hari.


Sebenarnya, aku ragu dengan perkerjaan bekerja pada malam hari, apalagi aku seorang perempuan yang pada jam-jam itu penuh resiko. Orang tuaku pun ketika aku sampaikan hal ini juga merasa keberatan, karena resiko yang berat bagi seorang perempuan yang bekerja pada malam hari. Jadi melalui surat ini aku minta saranmu, semoga akau tidak salah langkah.

Mila
di Pekanbaru


Mila sahabatku!
Apa yang kamu sampaikan memang ada benarnya. Banyak teman-teman kita yang putus atau gagal melanjutkan sekolahnya dikarenakan nilai jual hasil tani kita sangat merosot. Tetapi semangatmu untuk belajar sangat besar, sehingga terbersit niatmu untuk kuliah sambil bekerja. Namun sayang, lowongan pekerjaan yang kamu dapat waktunya pada malam hari. Ini sangat beresiko, terutama bagi kamu sebagai seorang perempuan.

Saran Xpresi, coba lagi cari pekerjaan yang waktu kerjanya pada siang hari. Memang, semua pekerjaan menaggung resiko, cuma saja bagi perempuan bekerja pada malah hari, itu lebih besar resikonya dibanding siang hari. Cobalah lagi, mudahan kamu mendapatkan pekerjaan yang layak dan waktu kerjanya pada siang hari.(hus)

Comments

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca