Skip to main content

Tengku, Reza, Lestari & Ayu

Berprestasi di kelas mungkin sudah hal yang biasa bagi Tengku, Reza, Lestari dan Ayu. Keempat siswa SMP Negeri 8 Pekanbaru ini bisa dibilang the star di sekolahnya. Mereka juga bukan jago kandang lho. Buktinya, banyak prestasi yang ditorehkan di kompetisi sains sampai ke tingkat provinsi.
Mau tahu resep pintar ala mereka?

mengajarkan ilmu yang diperoleh kepada yang belum tahu, sehingga orang tersebut menjadi tahu,” begitu ujar Ayu Muhanur, sang jago matematika.

Ayu juga bilang, “Belajar jangan monoton, karena kalau sampai jenuh nanti semakin tidak suka dengan pelajaran tersebut. Selain itu, jangan lupa membuat catatan-catatan yang penting.”

Yup. Manajemen waktu ternyata salah satu kunci sukses dalam belajar. Hal ini juga dilontarkan Lestari. Dia bilang, pintar itu tahu caranya mengatur segala hal sesuai dengan tempat dan waktu.

“Pokoknya, kitalah yang harus menguasai dan mengontrol waktu kita. Kapan waktunya belajar, kapan main, kapan baca buku, dan kapan tidur,” katanya sambil tersenyum manis.

Doyan Hitung-hitungan
Kalo ada kesamaan di antara mereka berempat, itu adalah semuanya suka dengan hitung-hitungan. Alasan mereka sih, karena hitung-hitungan itu tidak seperti hapalan yang suka bikin bĂȘte.

“Hitung-hitungan kan nggak perlu dihapal,” kata mereka kompak.
Tapi kan pelajaran yang ada hitung-hitungan itu rumit? Eh, ternyata mereka punya trik-nya lho. “Belajarnya serius saat guru menerangkan. Nanti di rumah tinggal mengulangi lagi,” celoteh Lestari.

Nah, jika pengen tahu lebih jauh, simak nih obrolan Xpresi dengan keempat bintang ini:

Pernah menyontek nggak?
Ayu: (senyum malu-malu) Nyontek sih pernah ya.Itu karena soal yang diberikan membuat bingung, ragu atau memang dari sananya susah.
Lestari dan Tengku: Pas otak lagi buntu aja.
Reza: Iya bener, pernah sih. Kami kan juga manusia. Tapi pada dasarnya, nyontek itu nggak ada gunanya bahkan akan merugi kan diri sendiri. Nilai yang diperoleh bukan hasil kita sendiri.

Ceritain dong gimana kisahnya saat meraih juara di Olimpiade Fisika?
Reza: Perjuangannya lumayan berat juga ya. Tapi kuncinya sih cuma satu, yaitu membaca dan membaca. Sejak awal saya konsentrasi dengan bidang yang akan saya ikuti kompetisinya. Saya membaca buku-buku fisika tanpa memikirkan materi buku tersebut untuk kelas berapa. Uang ibu saya sampai terkuras untuk membeli buku lho.

Kalau di rumah emang belajar terus ya?
Reza: Saya jarang banget belajar di rumah. Bagi saya belajar di sekolah adalah yang terbaik. Karena itu, penjelasan dari guru jangan diaanggap angin lalu.
Ayu dan Lestari: Kalo kami belajar kalau lagi mau aja, ntar kalau dipaksain error dong!

Suka ngebut nggak belajarnya kalo ujian?
Tengku: Nggak tuh. Kalo saya, malam ujian saya biasanya hanya mengulang membaca buku agar materi belajar yang lalu ingat kembali.
Lestari: Suka juga deh belajar pake sistem kebut semalam (SKS). Terutama kalau pelajarannya nggak ngerti atau yang sifatnya menghapal

Bagaimana komentar kalian soal pacaran?
Tengku: Pacaran itu bikin ribet dan repot. Lebih baik belajar dulu yang jadi kegiatan utama deh.
Ayu: Kalau pacaran ntar ujung-ujungnya makan hati, ntar turun deh nilainya.
Reza: Saya belum punya pacar karena saya hanya ingin berkonsentrasi penuh dalam belajar. Lagipula ortu nggak memberi izin tuh.


Tengku Rizki Fahril Mukti
TTL: Medan, 8 Oktober 1994
Hobi: Main komputer
Cita-cita:Programmer
Pelajaran favorit: IPA
Prestasi:
- Juara 3 Olimpiade Biologi
se-kota Pekanbaru


Reza Umami
Kelas:IX.7
TTL: Padang Pariaman, 9 November 1993
Hobi: Baca buku
Cita-cita: Dokter
Pelajaran favorit: Fisika dan matematika
Prestasi: Juara Harapan 5 Olimpiade Fisika se-Kota Pekanbaru

Ayu Muhanur
Kelas:IX.2
TTL: Serang, 25 Juni 1994
Hobi: Olahraga dan mengarang
Cita-cita:Arsitek
Pelajaran favorit: Matematika
Prestasi: Juara III Olimpiade
Matematika Kota Pekanbaru

Lestari Ning Tyas
Kelas:IX.2
TTL: Pekanbaru, 13 Januari 1994
Hobi: Baca buku
Cita-cita: Dosen matematika
Pelajaran favorit: Matematika
Prestasi:
-Peringkat VII Olimpiade
Astronomi se-Propinsi Riau



Lestari: Pacaran? Kayaknya belum saatnya deh. (wido_CCMD)

Comments

Paling Banyak Dibaca