Skip to main content

UMB Buka Pendaftaran Ujian

UJIAN Masuk Bersama (UMB) yang akan ditaja oleh lima universitas, yaitu Universitas Indonesia (UI), Univesitas Sumatera Utara (USU), Univesitas Syarief Hidayattulah, Universitas Hassanudin (Unhas) dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) akan membuka pendaftaran pada tanggal 27 Juni hingga 6 Juli 2008 mendatang di beberapa kota berbeda yaitu, Jakarta, Padang, Medan, Makassar dan beberapa kota lainnya.
Bagi yang ingin mengikuti ujian ini harus hadir ikut ujian di kota bersangkutan. ‘’ Diperkirakan minat siswa yang akan mengikuti UMB ini sangat tinggi karena UI akan menerima sebagian calon mahasiswanya dari jalur ini,’’ ujar Arman Budi Santosa panitia UMB, di Jakarta Rabu (20/5).


Ternyata apa yang diprediksikan Arman Budi Santosa tepat. Banyak siswa yang telah pergi jauh-jauh hari untuk mendapatkan formulir, karena peminatnya sangat banyak. Tidak sedikit siswa yang tidak kebagian formulir karena dalam waktu tiga hari, formulir yang dijual dengan harga Rp175.000 untuk IPS/IPA dan seharga Rp200.000 untuk IPC telah ludes dibeli peminat.
‘’Untung saja aku titp sama teman. Kalau tidak aku juga pasti akan kehabisan formulir,’’ ungkap salah seorang calon mahsiswa yang akan mengikuti ujian UMB di Padang pada 7-8 Juni 2008 mendatang. UI memang akan menerima sebagian besar calon mahasiswanya dari jalur ini, yaitu sekitar 2.350 orang dari total 4.500 calon mahasiswanya tahun 2008 ini.
Hal ini menjadi daya tarik sendiri untuk calon mahasiswa, karena di UMB saingan lebih sedikit daripada Seleksi Nasional Masuk-Perguruan Tinggi Negeri (SNM-PTN) yang mencapai ratusan ribu bahkan jutaan peserta. Ujian ini sendiri rencananya akan diumumkan hasilnya pada 21 Juni 2008 nanti atau beberapa pekan sebelum ujian SNM-PTN.(Gagas Tri Anggoro, SMA Cendana Pekanbaru)

Comments

Paling Banyak Dibaca