Skip to main content

Mulan Jameela : Dulu di Kafe, Kini Simbol Seksi

Bukannya aku takut akan kehilangan dirimu…
Tapi aku takut akan kehilangan cintamu…


LAGU berujudul “Bukannya Aku Takut” yang sebenarnya milik grup band Juliette itu, kini sedang hits di tangga atas lagu pop Indonesia dengan suara khas Mulan Jameela. Ya, lagu tersebut dinyanyikan ulang oleh Mulan dan masuk dalam albumnya, Mulan Jameela bersama lagu-lagu hits lainnya. Album ini mengibarkan Mulan sebagai salah satu diva musik pop Indonesia saat ini.
Sebelum 2005, Mulan Jameela bukanlah siapa-siapa. Dia hanya penyanyi dari kafe ke kafe (Jakarta dan Bandung) bersama band Swarakustik dengan nama asli Terry Tanry Wulansari. Di band tersebut, Harry Nugraha –lelaki yang menikahinya tahun 1999 saat usianya baru 20 tahun— adalah sang bassis, sementara Mulan vokalisnya.

Ada-ada saja…(hary b kori’un

Namun, nasib berkata lain di kemudian hari. April 2005, Maia Estianty, pentolan Ratu yang juga istri Ahmad Dhani, “menemukannya” untuk menggantikan Pingkan Mambo yang telah keluar. Dia kemudian memakai nama artis Mulan Kwok, nama yang kemudian melekat dalam dirinya seiring melejitnya Ratu. Bersama Maia, Ratu berhasil menjadi salah satu duet yang melejit dalam blantika musik pop Indonesia dengan lagu-lagu hits seperti “Teman Tapi Mesra” (TTM) —yang sempat menjadi ikon “dunia perselingkuhan” setelah lagu “Sephia” milik Shiela on 7 memudar—, “Lelaki Buaya Darat”, “Dear Diary”, “Semakin Hari Semakin Cinta” dan lainnya. Dua album Ratu sukses di pasaran dengan suara khas Mulan yang memang seksi, yakni Ratu & Friends (2005) dan No. Satu (2006).
Solo Karir
Namun, badai datang mendera Ratu. Merasa sudah dikenal publik, albumnya laris, dan manggung di mana-mana, Mulan merasa pendapatannya tak seimbang dengan nama besar dan pendapatan Ratu. Dia kemudian keluar dari Ratu tahun 2007. “Ini pilihan yang pahit. Saya mencintai Ratu, tetapi saya juga butuh eksistensi diri. Terima kasih Ratu telah membesarkan saya,” kata Mulan ketika itu.
Aneh, beberapa saat setelah keluar, Mulan malah masuk dalam Republik Cinta Management Artist (RCMA) yang dikomandani Ahmad Dhani, suami Maia, dan memilih menjadi penyanyi solo. Dan sudah menjadi rahasia umum dan santapan media, ada “hubungan khusus” antara Mulan dan Dhani yang membuat rumah tangga Dhani-Maia seperti berada di kuali panas: penuh gonjang-ganjing dan kini tengah menunggu putusan pengadilan untuk bercerai. Dikabarkan, Dhani dan Mulan sudah menikah (siri), meski mati-matian keduanya menampik.
Dhani tahu, Mulan penyanyi dengan potensi tinggi. Seolah untuk membuang Ratu dari diri Mulan, Dhani kemudian mengubah Mulan menjadi ikon seksi. Nama Kwok di belakang Mulan diganti dengan Jameela, dan Dhani kemudian membuatkan album khusus berjudul Mulan Jameela yang dirilis awal 2008 ini. Dengan lagu-lagu unggulan seperti “Makhluk Tuhan Paling Sexy”, “Wonder Woman”, “Bukannya Aku Takut” atau “Lagu Sedih”, nama Mulan berkibar sebagai penyanyi wanita dengan potensi tinggi mengalahkan Maia yang beduet Mey Chan yang pada saat bersamaan meluncurkan album dengan lagu andalan “EGP (Emang Gue Pikirin)”.
“Apa yang saya dapat sekarang sangat luar biasa, tetapi tidak dengan mudah. Saya harus bekerja keras, mulai dari kafe ke kafe sebelum bergabung dengan Ratu. Saya bersyukur dengan semua ini,” kata ibu dari Tyarani Savitri dan Muhammad Rafly Aziz ini kepada Riau Pos dan beberapa wartawan lainnya dalam acara XL Pestaphoria di Pekanbaru, 1 Juni 2008 lalu.
Mulan memang pantas bersyukur. Di saat statusnya dipertanyakan, albumnya laris, tawaran manggung juga ngantre. Dia seperti menjadi “anak emas” Dhani, yang memang diakui mampu menjadi soerang manajer dengan naluri tinggi dan mampu melihat potensi si artis.
“Dia adalah salah satu penyanyi dengan karakter vokal yang berbeda. Potensinya untuk tetap berkibar di papan atas musik Indonesia sangat terbuka,” kata Dhani memuji Mulan. Sebuah pujian yang sering membuat Maia ‘iri’ dan beberapa kali mengatakan kepada infotainment, “Orang lain diangkat tinggi-tinggi, semantara istrinya sendiri dijelek-jelekkan…”
Merambah Sinetron dan Film
Potensi dalam diri Mulan sebenarnya sudah tergali, bukan hanya di bidang tarik suara, namun juga merambah dunia sinetron dan film. Dua sinema layar kaca yang pernah dibintanginya adalah FTV Hikayah Idul Fitri Primadona Mencari Surga (bermain bersama Darius Sinathrya, Indra Birowo dan Aming), dan sinetron panjang Pasangan Heboh (menjadi lawan main Arie K Untung dan Baim Wong). Sementara dunia layar lebar dirambahnya saat bermain dalam film Maaf Saya Menghamili Istri Anda dengan lawan main Ringgo Agus Rahman. Di tiga sinema tersebut, akting Mulan lumayan sebagai pendatang baru.
Kini, Mulahttp://www.blogger.com/post-create.g?blogID=5871167995323931581
Blogger: XPRESI RIAU POS - Buat Postingn telah menjadi simbol keseksian. Bahkan, secara berseloroh, muncul sebuah SMS berbunyi: “Mari kita bahu-membahu berjuang untuk pencalonan Mulan menjadi Presiden Indonesia 2009 agar republik yang kisruh ini berubah menjadi Republik Seksi…”

Comments

  1. MUlan ...si cewe gatel perebut suami orang..dasar cewe bandung tea..dah tekenal cewenya gatel, doyan harta, ama cowo ga tua ga muda pasti doyan asal hartanya banyak(dah banyak g liat tipikal cewe sunda kaya gitu, sampe ama kake2 mau mati juga doyan..hihihi)..lupa akherat..ga ingat mati apa...ingat hukum karma itu ada....
    Mentang2 dah terkenal, eh malah ngambil suami orang yang dah nenarin....

    ReplyDelete
  2. Hehe buka artikel lama utk ngetawain masa lalu. Pdhl waktu itu larisan album Maia and Friends lho. Jgn bohong jg lah. Maia and Friends albumnya laku di atas 100000 kopi. Btw berhubung karir mulan skrg turun dukung yuk dg follow instagram @mulanjameelaqueen byk info dan foto2 mulan di ig itu biarpun unofficial. Ditunggu ya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca