Skip to main content

Pilih PTN Pulau Jawa Bisa di Unri

BAGI lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berminat kuliah keluar Provinsi Riau, tidak perlu juah-jauh mendaftarkan diri dengan datang langsung ke perguruan yang dituju. Mereka cukup mendaftar di Unri. Kendatipun nama itu diubah dari Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) menjadi Seleksi Nasional Masuk (SNM) Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Mekanisme penerimaan mahasiswa baru, kata Rektor Unri Ashaluddin Jalil, sama dengan SPMB. Mahasiswa yang memilih PTN tidak perlu ke Pulau Jawa. Misalnya mengikuti tes di Unri dan mau memilih PTN di Jawa, silakan saja membeli formulir pendaftaran di Unri.

Senada dengan itu, Pembantu Rektor (PR) I Dr Aras Mulyadi mengatakan, pemerintah merombak SPMB menjadi SNM PTN adalah untuk perekat bangsa. Kemudian memberikan kemudahan bagi anak bangsa untuk leluasa memilih PTN yang dikahendaki. Ini artinya, dimana mereka berada, ia bisa memilih PTN sesuka dimanapun dikehendaki.

Waktu pendaftaran SNM PTN dilaksanakan tanggal 16 hingga 27 Juni. Sedangkan 16 sampai 28 Juni pengembalian formulir. ‘’Ujian tulis dilaksanakan tanggal 2 hingga 3 Juli 2008 dan pengumuman insyahallah akhir Juli atau awal Agustus,’’ ungkapnya.

Untuk pembelian formulir bisa dilakukan calon mahasiswa pada Bank Mandiri di mana saja. Formulir yang dibeli, Bank Mandiri akan memberikan tanda pembelian dan pengambilan formulir yang akan dibuka di Unri Panam dan di UIN Suska Riau. Pengembalian formulir, loket yang dibuka adalah di kampus Unri Panam.(nto)

Comments

Paling Banyak Dibaca