Skip to main content

Tentang SMKN 2 Pekanbaru dan Prestasinya

SEKOLAH yang awalnya bernama STM Karya Bakti ini telah berdiri selama 38 tahun. Awalnya sekolah ini merupakan STM pertama yang ada di kota Pekanbaru dan hanya memiliki tiga jurusan. Sekolah ini mengusung visi meningkatkan kualitas pembelajaran yang berbasis skill enterprener pada bidang produk dan jasa.Tiga jurusan, yakni teknik mesin, listrik, dan bangunan, seiring dengan perkembangannya penambahan jurusan dilakukan, sehingga menjadi lima jurusan , adapaun jurusan baru yang ditambahan, teknik elektro dan otomotif.

Akhirnya, seiring pesatnya perkembangan teknologi dan permintaan di dunia kerja, sekolah yang saat ini dipimpin oleh H. Syahril SPd MM ini telah memiliki dua belas jurusan antara lain Teknik kimia, teknik informatika, gambar bangunan, bangunan gedung, lafalo, mesin produktif, dan mesin perkakas yang siap mencetak tenaga muda yang terampil dan siap kerja.Sekolah yang diakui sebagai sekolah teknik negri bertaraf internasional, mendapatkan peringkat ke tujuh se-Indonesia setelah mengikuti serangkaian seleksi dari pemerintah pusat.

Awalnya hanya jurusan otomotif saja yang diakui sebagai jurusan yang bertarf internasional, namun sekarang seluruh jurusan yang ada di sekolah ini telah mendapatkan pengakuan bertaraf internasional.Dan sesuai dengan pengakuan sebagai sekolah teknik bertaraf internasional, SMK Negri 2 mencoba melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya dengan membentuk pola kerjasama segi tiga dengan pihak Riau Pulp dan Institute of Technology Singapore untuk menampung tenaga kerja lulusan dari sekolah ini. Selain itu SMKN 2 juga mengirimkan sebagian siswa untuk mengikuti Pratek Kerja Industri (Prakerin) ke beberapa negara tetangga.

Tidak hanya kualitas siswa yang diutamakan di SMKN 2 yang beralamat di Jalan Pattimura Pekanbaru ini, namun kualitas pengajar juga ditingkatkan untuk mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan dunia dengan berbagai cara, salah satunya, dengan mengirim beberapa guru untuk melanjutkan pendidikannya di luar negri.

Dengan bermodalkan fasilitas yang berteknologi tinggi untuk setiap jurusannya, siswa SMKN 2 mampu berwirausaha dengan menghasilkan berbagai macam produk yang siap pakai di masyarakat, seperti pagar besi, mesin penggiling padi, berbagai macam roda gigi, serta menghasilkan konstruksi pembuat air untuk produk, dan perbengkelan untuk jasa.Dengan jumlah siswa yang kurang-lebih seribu sembilan ratus orang, membuat SMKN 2 mencetak banyak prestasi yang pastinya sangat membanggakan. Setiap siswa yang dikirim untuk mengikuti berbagai macam kompetisi, SMKN 2 selalu berhasil membawa pulang trofi atau piagam penghargaan, baik dari bidang akademik maupun non-akademik.

Di bidang akademik, beberapa waktu lalu SMKN 2 berhasil mendapatkan piala tetap olimpiade matematika yang ditaja Fakultas MIPA Universitas Riau. Setelah berhasil mempertahankan piala bergilir tersebut selama tiga tahun berturut-turut atas nama Yudistira siswa jurusan gambar bangunan 2 (GB 2). Tidak hanya sampai disitu, siswa SMKN 2 juga juara satu dan dua lomba pramuka tingkat kota untuk bidang non-akademik. (Gilang, Sherly, dan Enda CCMD)

Comments

Paling Banyak Dibaca