Skip to main content

LIPSUS XPRESI Terhadap Wifi

Dunia Internet Lewat Wi-Fi di Mesjid Agung An-Nur

Terik mentari yang sedari perjalanan menerpa Tim Xpresi Riau Pos mendadak hilang dan hawa sejuk mulai terasa ketika memasuki perkarangan teras Masjid Agung An-Nur Riau. Belum sempat menikmati hawa surga itu kami telah disuguhi dengan pemandangan orang-orang berlaptop disepanjang teras Masjid di dekat pintu masuk. Apa yang mereka lakukan?.


Setelah ditelusuri ternyata mereka sedang mengakses internet. Kini khalayak ramai tak perlu bersusah payah lagi jika ingin mengakses internet dengan gratis dan cepat. Cukup dengan datang saja ke Mesjid Agung An-Nur Riau, lho kenapa harus di Mesjid An-Nur?. Ya iyalah kalau ke Fakultas Kodekteran UNRI atau ke Politeknik Caltex Riau yang juga menyediakan Hotspot via Wi-Fi musti jadi mahasiswanya dulu, jika mau di hotel-hotel ya harus check in dulu begitu juga kalau mau menikmati hotspot-hotspot yang ada di cafe-cafe harus ngopi dulu baru bisa akses internet secara gratis.

Tapi jika di Mesjid Agung An-Nur yang sudah berfasilitas Wi-Fi dapat digunakan dan diakses secara geratis dan tidak perlu log in menggunakan user dan password. Dengan menggunakan fasilitas ini semua orang dapat mengakses internet tanpa harus mengeluarkan uang satu sen pun, yang dibutuhkan untuk mendapatkan fasilitas ini-pun sangat mudah, Anda hanya perlu datang ke Mesjid An-Nur dan membawa sebuah laptop berfasilitas Wi-fi.

Dan Anda pun dapat menikmati fasilitas WiFi dengan dunia internetnya hingga puas. Keadaan Mesjid Agung An-Nur sejak kehadiran Hotspot yang disebarkan melalui media nirkabel WiFi ini menjadi bertambah ramai saja. Berdasarkan panatauan tim Liputan Khusus (Lipsus-red) Xpresi pada hari Jumat(14/3)pukul 16.00 WIB, disepanjang teras Mesjid Agung An-Nur telah tampak puluhan orang yang duduk berjejeran sambil memangku laptop mereka masing-masing. Mereka tampak menikmati seklai layanan yang disumbangkan oleh Telkomsel ini.

Menurut Humas Mesjid Agung An-Nur, Drs H Sukmadi, kehadiran Wi-Fi membuat Mesjid termegah di Riau ini menjadi namun, sama sekali tidak mengganggu jalannya ibadah maupun acara di Mesjid tersebut, menurutnya An-Nur malah menjadi lebih ramai dengan pengunjung yang shalat di sana. Sama sekali tidak ada efek negatif dari kehadiran Wi-fi. Menurut para pengguna Wi-Fi yang ada di Mesjid Agung An-Nur sangat bagus seperti yang diutarakan oleh Ela, Mahasiswa Farmasi Unpad yang kebetulan mengunjungi Masjid Agung untuk menikamti layanan internet via Wi-fi gratis ini. ‘’ Wi-fi-nya setahuku pas sore lumayan cepat.

Tapi itu yang kutahu saat sore aja, pagi dan malam aku nggak tahu soalnya nggak pernah coba,’’ ujar mahasiswa yang baru saja lulus dari Unpad ini. Tetapi ia sangat menyayangkan kebanyakan orang yang datang ke Masjid ini hanya datang untuk menikmati WiFi-nya saja tidak ada niat untuk menunaikan ibadah salat. Hal ini tampak saat adzan telah berkumandang, banyak dari sekumpulan orang yang membawa laptop ini tetap duduk di tempatnya. Namun Ela tetap mengakui kalau WiFi yang berada di An-Nur sangat bermanfaat.

Di sudut lain tempat Ela duduk berada, tampak seoarang wanita paruh baya sedang duduk. Menurut pengakuan wanita yang bekerja sebagai notarisini ia sengaja datang ke Mesjid Agung An-Nur untuk menggunakan Wi-Fi untuk urusan kantornya. ‘’ WiFi di Agung An-Nur bagus, sangat bermanfaat dan membantu pekerjaan. Saya tidak pernah menggunakan Wi-Fi di tempat lain selain di Mesjid ini, karena di tempat lain lambat," katanya kepada Tim Lipsus Xpresi.

Di sudut lain Mesjid, tiga orang mahasiswa PCR yang jelas-jelas sudah memiliki fasilitas Wi-Fi di kampus mereka rela repot-repot datang ke Mesjid Agung yang jauh dari kampusnya hanya untuk menikmati fasilitas Wi-Fi ini. ‘’ Dibandingkan di PCR di sini lebih bagus, di PCR tidak secepat disini,’’ jawab mereka bertiga dengan kompak. Masing-masing mahasiswa semester II (dua) PCR ini mengaku bingung saat pertama kali memakai Wi-Fi di PCR karena settingannya berbeda, namun kini sudah bukan masalah karena sudah terbiasa.

Kondri, mahasisiwa UIN semester IV (empat) tidak menjawab berbeda dengan orang lainnya yang ditemui Xpresi. Ia mengaku WiFi di Masjid Agung An-Nur sangat membantunya mengerjakan tugas kuliahnya. ‘’ Sangat bermanfaat dan membantu tugas kuliahku. Tetapi aku pernah nggak dapat jaringan sampai tiga kali beberpa waktu lalu saat nge-net malam hari, kata temanku sih karena pakai jatah,’’ tutupnya.

Selama di Masjid Agung An-Nur sore itu tim Lipsus Xpresi banyak menemui orang dari berbagai profesi. Namun yang disayangkan adalah tidak ditemuinya satu orang-pun siswa SMA di Masjid Megah tersebut diantara sekian banyak pengguna WiFi disana. Apakah ini berarti minat pelajar SMA terhadap dunia internet rendah atau mereka tidak tahu apa itu Wi-Fi dan Hotspot? (Tim Lipsus Xpresi: Hendrawan, Gagas Tri A, dan Gilang Abdal Basith)
Tim Lipsus : Gilang Abdal Basith, Hendrawan dan Gagas Tri A.



Wi-fi berada di Kota Pekanbaru?
BAGI kamu-kamu yang mau nge-net gratis meggunakan Wi-fi atau dikenal juga dengan hotspot kalian dapat menemukannya di tempat-tempat di bawah ini. Dan seperti yang teman-teman ketahui tadi, modal untuk menikmati fasilitas ini hanya perlu membawa sebuah laptop dan uang secukupnya untuk membelikan makanan dan minuman apabila dibutuhkan.


Pertama, PCR Kampus yang didirikan oleh Chevron bekerjasama dengan pemprov Pekanbaru ini sejak beberapa tahun lalu telah melaunching Wi-fi di kampusnya yang dapat dinikmati oleh para mahasiswanya. Bahkan para mahasiswa yang tinggal atau kost dekat dengan kampusnya ini tidak perlu capek-capek datang ke kampusnya, karena wi-fi kepunyaan PCR ini dapat menjangkau 1-3 Km dari pusat wi-fi-nya berada.


Kedua, Mal Pekanbaru (Food Court) Hmmm... pasti nikmat sekali dapat nge-net sambil makan. Kalau itu yang teman-teman pikirkan, berarti Mal Pekanbaru(MP)lah tempat yang harus kalian tuju. Untuk menikmati Wi-fi yang disediakan di sini teman-teman hanya perlu memesan makanan, minuman, dan kemudian mendaftarlah ke cashiernya untuk menikmati layanan ini hingga puas.


Ketiga, DeJavu Cafe yang terletak di jalan Cemara no 65 yang ramai dikunjungi pada saat sore dan malam ini juga menyediakan Wi-fi yang dapat teman-teman pergunakan. Syarat untuk memepergunakan fasilitas ini pun sangat mudah, teman-teman tinggal memesan segelas minuman dan semangkuk makanan, kemudian meregistrasikan laptop teman-teman. Lalu nikmatilah dunia cyber yang ditawarkannya.


Keempat, Riau Pos ternyata tempat anak-anak CCMD berada ini juga terdapat Wi-fi, teman-teman yang menjadi tamu Riau Pos dapat menikmati fasilitasnya hingga puas, tidak dipungut biaya sepeserpun. Kelima, seluruh hotel berbintang di Pekanbaru yang pasti, hotel-hotel berbintang ini menyediakan fasilitas wi-fi gratis untuk para tamunya.

Jadi, apabila teman-teman menginap di hotel berbintang di Pekanbaru atau di kota lainnya jangan lupa membawa laptop! jangan siasakan kesempatan ini!(Tim Lipsus: Gagas Tri A, Gilang Abdal Basith dan Hendrawan)

Comments

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca