Skip to main content

Aku dan Orang Tuaku Beda Pilihan - Curhat Xpresi

Assallamualikum Xpresi,

Kenalkan namaku Tissa, aku adalah mahasiswi baru di salah satu perguruan tinggi di Pekanbaru ini, dan umurku 19 tahun. Gini lho Xpresi, aku sekarang ini sedang dihadapkan pada dilema yang sangat sulit. Pada penerimaan mahasiswa lalu aku mendaftar di dua universitas yang satu universitas negeri dan yang satu lagi universitas swasta.

Pada saat pengumuman ternyata aku dinyatakan lulus di kedua unversitas tersebut. Tapi, di unversitas negeri aku lulus melalui ujian lokal. Sedangkan di universitas swasta tidak, tapi jika dihitung biaya ya sama sajalah. Masalah mulai muncul antara aku dan orang tuaku.

Orang tuaku berkeinginan aku kuliah di swasta, sebab jurusannya merupakan pilihan mereka, sedangkan minatku di universitas negeri. Karena melihat orang tuaku sangat berharap aku kuliah di universitas swasta aku jadi kasihan pada mereka, walaupun sebenarnya aku tidak suka jurusan yang mereka pilihkan untukku itu.

Lalu aku pun mengiyakan apa kata mereka. Aku bilang aku akan segera mendaftar ulang di universitas tersebut. Orang tuaku pun girang bukan main dan akupun mencoba untuk terlihat senang di depan mereka. Tapi ternyata hatiku berontak, aku tak bisa begini.

Kan aku yang akan menjalaninya nanti, jika aku putus di tengah jalan hanya karena jurusan yang tidak sesuai dengan minat dan bakatku percuma saja kan Xpresi?
Lalu aku beranikan diri untuk bicara dengan orang tuaku. Dan akhirnya sekarang ini Alhamdulillah telah berkuliah di universitas yang aku inginkan, jurusan yang kusukai, dan dengan kerja keras yang bukan main pula tentunya untuk menghadapi pertentangan dengan orang tuaku.

Nah, sekarang timbul lagi masalah baru Xpresi, Mamaku seringkali memarahiku dan mengatakan aku ini anak kualat, karena tidak menuruti kata-kata orang tuaku. Asal ada masalah sedikit pasti dikait-kaitkanya dengan hal itu. Jadinya kan aku serba salah Xpresi!
Menurut Xpresi gimana?

Tissa at somewhere
Waalaikumsalam Tissa yang lagi dirundung masalah. Memang sih masalahmu terkesan berat karena ini berhubungan dengan orang tua, salah-salah kamu bisa dicap anak durhaka lagi. He he he (nggak kok just kidding). Xpresi hanya akan menjawab dengan singkat masalamu ini. Satu hal yang harus kamu lakukan saat ini yaitu buktikan pada orang tuamu. Orang tua memang wajar berkata begitu, karena mereka ingin yang terbaik untuk anaknya dan lagi masalah ini juga masih hangat-hangatnya, sebab 1 semester saja kamu belum sampai kuliah kan? Maka dari itu orang tua kamu marah-marah dan mengungkit-ungkit masalah itu terus.

Nah, kalau kamu bisa buktikan dalam semester pertama ini kamu kuliah dengan serius dan mendapatkan IPK yang memuaskan, Xpresi jamin orang tuamu akan bangga padamu dan mereka tidak akan memarahi kamu lagi atas masalah itu. Tetapi semuanya ya tergantung padamu. Caiyo Tissa!!! Kamu pasti bisa… (Tari CCMD)

Comments

Paling Banyak Dibaca