Skip to main content

Peta Bencana - Resensi Buku Bencana Alam

Bencana alam dapat dikatakan sebuah rotasi yang akan terjadi rutin di alam ini. Sebab, bencana berupa gempa, banjir, tsunami dan letusan gunung merupakan fenomena alam yang tak dapat dihindari. Jika bencana itu datang, tak ada yang kuasa menolak.
Fenomena bencana merupakan gejala alami yang dapat terjadi sesuai jadwalnya. Sebab alam bergerak dengan dinamikanya tersendiri, termasuklah kadang yang dapat mendatangkan bencana bagi manusia. Yang dapat dilakukan adalah mengamati dan memprediksi terjadinya bencana dengan berdasar pada gejala yang sudah terjadi jutaan tahun.

Dari sanalah kemudian dapat dilakukan pemetaan terhadap bencana yang terjadi di alam. Dari pemetaan itu kemudian dapat dibuat alat peringatan dini terjadinya bencana seperti tsunami.

Buku Inside Access Bencana Alam ini memaparkan bagaimana bencana terjadi, gejala geologisnya dan apa berbagai kemungkinan yang terjadi akibat bencana itu. Ada gempa, tsunami, hujan deras, tornado, badai, petir, dan lainnya.

Terdapat banyak rahasia bumi yang diungkap dalam buku dengan ilustrasi menarik ini. Ada gerakan lempeng bumi yang tak pernah diam, ada gejala gunung api dan bagaimana berbagai ilmuwan mempelajarinya. Buku ini sangat menarik dan bagi para pelajar, buku ini dapat menjadi sebuah ensiklopedia yang baik untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang ilmu bumi.***

Abdullah
Alumnus UIN Suska Riau

Comments

Paling Banyak Dibaca