Skip to main content

‘Pasukan’ Mac Serbu Markas Microsoft Indonesia

‘’Great artist steals’’. Kalimat itu terlontar oleh Steve Jobs saat mengenang kunjungannya ke Xerox PARC Research Center di Palo Alto, California. Pada saat itu, Steve Jobs diperkenalkan kepada Xerox Alto, komputer berbasis Graphical User Interface (GUI) pertama di dunia. Tidak lama setelah kunjungan bersejarah itu, Apple memperkenalkan Macintosh.

Pada hari Kamis, 24 April 2008 lalu, sejarah berkembangnya Apple di tanah air ditorehkan di markas PT. Microsoft Indonesia, lantai 18 Tower II Indonesia Stock Exchange. 54 pengguna Mac yang tergabung dalam komunitas Indonesia Macintosh Society berkumpul untuk makan malam dan belajar bersama dalam acara Gathering Microsoft Office for Mac 2008.

Untuk pertama kali dalam sejarahnya, Microsoft Indonesia menyelenggarakan acara khusus bagi pengguna Mac. “Kantor Microsoft gak angker kok buat kalian,” sambut Hermawan Sutanto, Information Worker Microsoft Office PT. Microsoft Indonesia yang disertai tawa. “Sudah lama saya dihubungi oleh Yuza untuk membuat acara seperti ini, dan saya rasa ini ide yang bagus.”

Keinginan penulis untuk membuka kesempatan bagi teman-teman pengguna Mac untuk mengunjungi markas Microsoft di Indonesia muncul pada saat menghadiri gathering bulanan MUGI (Microsoft User Group Indonesia). Hadirnya Microsoft Office for Mac 2008 pada bulan Januari lalu di Macworld membuka jalan untuk menghubungi Microsoft Indonesia dan membuat keinginan penulis menjadi kenyataan.
Membawakan presentasi dan demo Office for Mac 2008 merupakan pengalaman sangat unik karena gampang-gampang susah. Biar bagaimanapun, Office for Mac 2008 merupakan sekumpulan aplikasi pekerjaan yang umumnya memiliki kecenderungan membuat orang bosan. Walaupun demikian, Office for Mac 2008 memiliki beberapa fitur baru seperti Elements Gallery, Notebook Layout View, Citation dan Document Themes yang dapat membantu pekerjaan repetitif menjadi semakin mudah dan cepat.

Lalu apa hubungannya acara ini dengan sejarah berkunjungnya Steve Jobs ke Xerox? Kalau Steve Jobs pulang dari markas Xerox membawa catatan GUI untuk Macintosh, beberapa teman id-mac yang beruntung pulang dari markas Microsoft Indonesia pulang membawa mouse bluetooth termutakhir dan tentunya beberapa copy Microsoft Office gratis.(net/nto)

Comments

Paling Banyak Dibaca