Skip to main content

Lembaga Pendidikan Profesi Jadi Alternatif

Buat kamu yang masih bingung lulus sekolah nanti mau nyambung
ke universitas dulu tapi tapi takut kelamaan di bangku kuliah, atau mau langsung nyari kerja tapi belum ada pengalaman? di Pekanbaru banyak ditemukan lembaga pendidikan profesi, jadi tinggal memilih. Salah satu lembaga pendidikan profesi itu adalah LP3I.

Dilatar belakangi fenomena susahnya lulusan perguruan tinggi mendapatkan pekerjaan, Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) didirikan pada 29 maret 1989 dengan kampus pertama yang bertempat di Pasar Minggu Jakarta Selatan.Awalnya LP3I hanya membuka program kursus selama 6 bulan, dan kemudian mengembangkan kualitas dengan menjadi lembaga pendidikan profesi (pendidikan 1-2 tahun). Hingga pada akhirnya sebagian LP3I sudah berstatus Politeknik seperti di Bandung, Jakarta, dan Medan.

Dengan visi ‘’Menjadi institusi pendidikan yang terus menerus menyelaraskan kualitas pedidikannya dengan kebutuhan dunia kerja dan pembentukan sumber daya manusia yang profesional, beriman, dan bertaqwa.’’ Kiprah LP3I semakin diakui masyarakat dengan meningkatnya jumlah mahasiswa setiap tahunnya. Bukan hanya dari ibukota saja tetapi juga dari luar ibukota, dengan itu LP3I membuka kampus hampir di seluruh wilayah Indonesia. Dan di Pekanbaru LP3I beralamat di Jalan Jenderal sudirman no.174F Tangkerang.

Dengan metode pembelajaran yang disajikan melalui pendekatan praktis, diskusi kelompok, simulasi, role play, dan latihan atau kerja praktek (job training), LP3I mencetak Sumber daya manusia agar memiliki dasar pengetahuan, keterampilan praktis dan kemampuan analisis handal, sehingga siap dalam persaingan bisnis dan dunia kerja. Selama proses belajar berlangsung, mahasiswa LP3I mendapat dukungan dan bimbingan penuh dari para staf pengajar yang berasal dari kalangan akademisi dan para praktisi profesional yang aktif.
Suasana yang didapat mahasiswa LP3I terlibat dalam situasi nyata dan persoalan bisnis di perusahaan ketika mengikuti latihan kerja praktek. Baik itu ruang perkuliahan yang nyaman dengan dilengkapi AC, laboratorium komputer, LCD proyektor, laboratorium elektronika, hingga perpustakaan yang memiliki koleksi yang cukup sebagai bahan referensi.

LP3I memiliki dua program dalam alur pendidikannya, yaitu National Program dan International Program. Untuk National Program, terdiri dari Program Profesi dan Program diploma-3. Sedangkan International Program, terdiri dari Full Degree Program (Sarjana) dan Tranfer Kredit. Program transfer kredit ini bekerja sama dengan beberapa Universitas di Negara tetangga, seperti Open University of Malaysia (OUM), Kuala Lumpur Infrastructure Universitry College, Management Development Institute of Singapore (MDIS), dan Kangan Batman TAFE Australia.

LP3I juga memiliki banyak pilihan bidang keahlian atau program studi. Baik itu dari bidang bisnis, seperti Business Administration, Secretary, Travel and Tourism, Hotel and Restaurant Business, hingga bidang teknik seperti Taknik Otomotif, Teknik Informatika, Teknik Telekomunikasi, dan masih banyak lagi.

Dan seperti salah satu misi LP3I membangun jaringan kemitraan dengan dunia usaha dan industri serta asosiasi profesi, di dalam dan luar negri. LP3I pastinya memiliki banyak relasi dari banyak perusahaan, seperti, PT. Lontar Papirus, PT. Nestle Convectionery, PT. Wisata Titian Nusantara, PT. Bakrie Kasef, PT. KAO Chemical Indonesia, dan masih banyak lagi.

Selain itu, seperti perguruan tinggi lainnya, LP3I memiliki banyak kegiatan ekstra kulikuler. Seperti Society of Innovatife and Creative english Student (SICES), organisasi bagi mahasiswa pencinta Bahasa Inggris, LP3I Computer Club (LCC), hingga Business Student Association (BSA) organisasi bagi mahasiswa untuk mengembangkan bakat.(Gilang dan Sherly CCMD).

Comments

Paling Banyak Dibaca