Skip to main content

Bisa SMS, Bisa Dibawa Bepergian

CDMA lebih identik dengan operator fixed wireless access (FWA), seperti TelkomFlexi, StarOne, dan Esia. Dari sisi jenis terminal, handset alias ponsel adalah yang terpopuler. Padahal, sebenarnya, ada terminal CDMA yang berupa data card dan fixed wireless telephone (FWT).

Beredarnya peranti FWT CDMA Motorola FX 805P seolah menjadi angin segar bagi pengguna CDMA yang mendambakan perangkat FWT baru, bermerek terkenal, dan bergaransi. FX 805P berlayar hitam putih dengan lampu layar berwarna biru. Di sisi kanan perangkat, terdapat antena yang sudut kemiringannya bebas diatur oleh pengguna.

Buku telepon FWT berwarna hitam itu mampu menampung sampai 200 nama secara multiple entry dan dapat di-password. Untuk nada dering telepon, pengguna dapat memilih satu di antara sepuluh nada dering polifonik yang tersedia. Kala mendengarkan nada ke-6, pengguna bakal teringat dengan lagu Cucakrowo yang pernah populer di tanah air. Sementara itu, untuk alert SMS, pengguna dipersilakan memilih satu di antara enam pilihan.

Speaker phone yang lantang dan jelas merupakan fitur lain perangkat yang dilengkapi dengan menu berbahasa Inggris dan Indonesia tersebut. Ada pula alarm dan kalkulator. Dijual di kisaran Rp 650 ribu, setiap unit FX 805P digaransi selama setahun oleh Sarindo, perusahaan yang telah makan banyak asam garam di bisnis seluler Indonesia. Bertahun-tahun silam, perusahaan itu sangat dikenal sebagai distributor dan penyedia layanan purnajual ponsel Samsung.

Bisakah FX 805P dibawa-bawa? Bisa! Ketika pengguna berada di kantor atau rumah, perangkat CDMA 800 MHz itu sebaiknya selalu dihubungkan dengan colokan listrik. Andai suatu saat pengguna bepergian dan ingin membawa FX 805P, baterai lithium yang terpasang di bagian bawah perangkat dan berdekatan dengan slot untuk kartu RUIM siap menjadi sumber tenaga.

Bagi pengguna CDMA yang menomorsatukan kekuatan sinyal, tidak terlalu mobile, dan rutin memerlukan speaker phone, FX 805P pantas dipertimbangkan. Peranti tersebut juga menarik dilirik oleh, contohnya, penyelenggara atau peserta pameran. Daripada menyewa sambungan telepon yang biayanya kadang tak rasional, lebih baik menggunakan FX 805P.

Sebaliknya, untuk pengguna yang sangat mobile dan selalu mengantungi ponsel ke mana pun pergi, FX 805P tentu bukan pilihan bijak. Nggak terbayang perlu kantong seberapa besar di celana panjang agar mampu menampung perangkat FWT itu. (Mng/net)

Comments

Paling Banyak Dibaca