Skip to main content

Membangun Bisnis Online Secara Benar

Transaksi jual beli dewasa ini tidak hanya dilakukan di pasar konvensional dimana penjual dan pembeli berada di tempat yang sama dan saling bertatap muka. Tanpa kita sadari, proses jual beli hanya dilakukan dengan click-an mouse saja.
Internet telah beralih fungsi menjadi alat marketing yang luar biasa hebatnya. Dengan semakin mudahnya mengakses internet, semakin bertambah pula penggunanya. Ini merupakan salah satu faktor yang menguntungkan bagi produsen atau penyedia jasa untuk lebih mengembangkan market share-nya secara instant.

Hampir semua perusahaan yang besar maupun kecil mempunyai situs resmi mengenai produk atau jasa yang mereka tawarkan. Tidak ketinggalan, setiap orang mulai membangun bisnis online dengan bentuk dan fungsi masing-masing.
Apa yang terjadi sekarang ini, persaingan yang luar biasa ketatnya memenuhi hampir setiap niche. Sebagai pemula di dunia Internet Marketing, Anda mungkin akan merasa kebingungan, bisnis online apa yang akan dibangun?


Apa yang harus ditawarkan di internet? Apa masih ada kesempatan untuk ikut serta dalam euphoria mendulang emas dari internet yang memang kesempatannya tersedia untuk siapa saja.

Dengan menyadari akan terbukanya peluang bisnis online, menyadari pula bahwa persaingan yang begitu ketatnya, maka bisnis online apapun bentuknya tidak bisa dibangun atau dimulai dengan hanya bermodalkan niat dan tekad atau peruntungan semata. Muncul pertanyaan bagaimana caranya membangun bisnis online secara benar?

Semua dimulai dari menentukan ide bisnis atau niche apa yang akan ditawarkan. Tahapan ini merupakan tahapan yang paling menentukan sukses atau tidaknya suatu bisnis online. Mulailah dengan bertanya kepada diri sendiri mengenai apa yang Anda kuasai yang orang lain kebanyakan tidak menguasainya, hobi atau profesi Anda atau apapun yang berhubungan dengan pribadi Anda. Bahkan lebih luas lagi, Anda bisa mendapatkan inspirasi mengenai apa yang sedang trend saat ini atau produk atau jasa apa yang sedang dibutuhkan banyak orang saat ini? Sebagai referensi, kunjungilah situs seperti google trend, yahoo buzz, lycos, atau ebay pulse.

Setelah Anda menemukan beberapa ide untuk memulai bisnis online, proses ini belum selesai. Ada faktor penting lainnya yang harus dipertimbangkan yaitu persaingan. Seberapa banyak persaingan niche Anda? Carilah niche yang persaingannya tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit. Janganlah bermimpi untuk membangun bisnis dengan persaingan yang sangat hebat seperti komputer, health, insurance, Viagra atau hal-hal umum lainnya.
Apabila Anda mempunyai sebuah niche misalkan komputer, maka turunkanlah beberapa level menjadi hal yang lebih khusus. Fikirkan apa yang berhubungan dengan komputer. Misalkan computer hardware, computer software atau computer store. Teruslah sampai anda mendapatkan niche yang memang benar-benar sudah merupakan kata khusus. Untuk membantu pencarian ini, gunakanlah tools keyword elite, google keyword, overture, keyword discovery dan banyak sekali tools yang dapat digunakan untuk kebutuhan ini.

Langkah selanjutnya adalah menentukan target jangka pendek dan jangka panjang. Target merupakan faktor yang tidak kalah pentingnya dimana merupakan tolak ukur sukses tidaknya bisnis online Anda. Setelah itu, masih banyak lagi faktor yang harus Anda persiapkan diantaranya adalah perencanaan dan scheduling yang mencakup apa yang harus Anda lakukan untuk pencapaian target yang telah ditentukan. Dalam hal ini membuat website yang meliputi proses pembuatan content atau isi website, domain name, web hosting dan autoresponder.

Selanjutnya adalah promosi, bagaimana caranya agar orang tahu keberadaan bisnis kita di internet. Tidak seperti bisnis offline, setelah Anda mendirikan sebuah toko maka secara langsung calon pembeli akan melihatnya bahkan langsung berkunjung. Di internet mempromosikan atau mengenalkan bisnis online Anda kepada calon pembeli dilakukan dengan link building, advertising, mail campaign, affiliate marketing dan joint venture.

Melihat langkah-langkah membangun bisnis online diatas, diperlukan penguasaan metoda dan teknik internet marketing yang mencakup semua proses tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan ini, banyak sekali buku internet marketing yang saya beli sehingga tagihan kartu kredit saya dipenuhi dengan account paypal, click bank, 2CO dan lain-lain. Jujur semuanya tidak menghasilkan apa-apa, karena dengan semakin banyaknya referensi membuat saya overwhelming sehingga tidak bisa fokus dalam menyelesaikan suatu project.

Seharusnya saya menyadari lebih awal bahwa apa yang saya butuhkan adalah petunjuk yang menyeluruh yang mencakup semua aspek kebutuhan untuk membangun dan menjalankan bisnis online. Setelah melalui beberapa pencarian, akhirnya saya bergabung dengan Asian Brain. Cukup dengan mengikuti satu keanggotaan, saya tidak perlu lagi membeli ebooks, internet marketing course yang lain.
Karena Asian Brain IMC menyediakan semuanya mulai dari module pendukung, niche analysis, membuat website atau authority site yang benar, keyword searching, articles, domain name, web hosting, autoresponder. Bahkan software dan tools pendukung internet market yang gratis dapat digunakan yang tidak akan Anda temukan dikeanggotaan yang lain.(Wisnu Prasetyo/int/hus)

Comments

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca