Skip to main content

SMAN Plus Gelar Pekan Apresiasi

SEKOLAH Menengah Atas Negeri (SMAN) Plus Provinsi Riau sedang melangsungkan helat besar yakni Pekan Apresiasi Sastra se Provinsi Riau Tahun 2008. Banyak perlombaan yang digelar ini iven ini. Pesertanya adalah SMA/MA dan SMP/MTs se-Riau.
Panitia H Zaiful yang didampingi Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Humas H Hasidin Pospos kepada Xpresi mengatakan, lomba tersebut diantaranya, lomba Kolaborasi Puisi, untuk tingkat SMP/MTs dan SMA/MA. Puisi bisa karya sendiri atau orang lain. Setiap sekolah mengirimkan maksimal sebanyak 2 tim dengan peserta maksimal sebanyak 6 orang tiap tim.

Setiap peserta bebas mengekspresikan kreatifitasnya seperti, kostum dan perlengkapan lainnya, membayar uang pendaftaran Rp20.000 perorang saat pendaftaran disertai dengan formulir pendaftaran selambat-lambatnya Kamis, 6 Nopember 2008.
Kemudian, lomba Penulisan Puisi dan atau Cerpen, untuk tingkat SMP/MTs dan SMA/MA. Harus hasil karya sendiri, bukan merupakan puisi dan atau cerpen saduran atau ciplakan serta belum pernah dipublikasikan di perlombaan lainnya. diketik pada kertas ukuran A4 (21 cm x 29,7 cm).

Setiap sekolah mengirimkan maksimal 5 karya penulisan puisi dan atau cerpen. Hasil karya dikumpulkan paling lambat pada Kamis, 6 Nopember 2008 bertempat di SMAN Plus Propinsi Riau. Karya dapat dikumpulkan langsung ke panitia atau melalui e-mail (osis.smanplus.riau@gmail.com).

Selanjutnya ada lagi lomba Penulisan Esai, untuk tingkat SMA/MA. Lomba diadakan pada Sabtu, 8 Nopember 2008 bertempat di kompleks SMAN Plus Propinsi Riau. Esai yang ditulis sesuai dengan tema yang akan ditentukan oleh panitia pada saat perlombaan.

Peralatan tulis disediakan sendiri oleh peserta. Penulisan maksimal empat halaman double folio, minimal tiga halaman double folio. Garis pinggir 3 cm.

Jarak satu kalimat dalam suatu paragraf menjorok 1,5 cm ke dalam. Koheren antara satu pararaf dengan paragraf lainnya. Waktu 1 2,5 jam, dengan penilaian adalah menyangkut isi, judul dan kreativitas pemecahan masalah atau kesimpulan. Tema ditentukan saat lomba. Membayar uang pendaftaran Rp20.000 perorang.

Selanjutnya, kata H Zaiful, snack untuk peserta disediakan oleh panitia. Perihal pencabutan undian dilakukan bersamaan dengan Technical Meeting. ‘’Keterangan lebih lanjut hubungi saja H. Zaiful telepon 0811 75 3996, Muhammad Reza 0852 7854 2831.
Mohon pahami segala sistematika peraturan lomba dan pendaftaran dengan sebaik-baiknya,’’ ujarnya.(Dodi-ccmd/nto)

Comments

Paling Banyak Dibaca