Skip to main content

PCLinuxOS Kini Banyak Diminati

PCLinuxOS terbaru diminati yang dinanti banyak orang telah dirilis beberapa minggu lalu. Seperti versi PCLinuxOS sebelumnya, berkat adanya kemampuan live CD, maka Anda bisa mencobanya tanpa harus terlebih dahulu menginstall ke dalam harddisk.
PCLinuxOS terbaru ini dinanti banyak orang mengingat PCLinuxOS dikenal sebagai distro Linux yang ringan, stabil, desain grafis yang menawan dan dengan pilihan aplikasi yang berlimpah. Semua menjadikan PCLinuxOS sangat layak dinanti.

PCLinuxOS berawal sejak hampir empat tahun lalu sebagai turunan dari MandrakeLinux 9.2. Begitu juga Versi-versi PCLinuxOS berikutnya yang tetap dibangun berdasarkan MandrivaLinux. Sebagai contoh PCLinuxOS 2007 ini tetap menggunakan beberapa source code dari MandrivaLinux sebagaimana bisa kita lihat pada saat startup wizard, penginstalan ke Harddisk dan PCLinuxOS Control Center.

Sekarang Kita coba rasa yang ditawarkan PCLinuxOS 2007 ini secara langsung. Setelah live CD melakukan booting kernel dan sebelum user melihat lingkungan dekstop, sistem konfigurasi wizard akan muncul dan menanyakan tentang keyboard, time zone dan koneksi network yang Anda gunakan.


Bagi Anda pengguna WLAN yang tergantung pada driver Windows melalui penggunaan Ndiswrapper, bukanlah hal sulit mengaktifkan WLAN Anda. Wizard menyediakan kemampuan melakukan browse bahkan ke dalam partisi NTFS Windows Anda sekalipun. Dengan mudah Anda bisa memilih dan memuat file driver WLAN Anda. Benar-benar mudah dan menyenangkan.

Apabila Anda merasa cukup puas dengan performa PCLinuxOS 2007 dalam mode live CD, Anda bisa menggunakan installer dalam mode grafis yang sudah disediakan untuk menginstallnya ke dalam Harddisk. Proses installasi sendiri berlangsung cepat dan mudah.
Setelah beberapa pertanyaan untuk persiapan awal, kemudian dilanjut proses pengcopian file ke dalam harddisk, kemudian ditutup dengan beberapa pertanyaan untuk konfigurasi sistem. Semua proses di atas membutuhkan waktu tidak kurang dari 20 menit (tentu saja tergantung hardware sistem yang Anda gunakan).

PCLinuxOS 2007 terlihat “mengkilap” dan profesional. Boot dan Login proses dipercantik dengan theme baru Diamond Plate Metal, KDE Desktop menampilkan wallpaper biru bermodel abstract dengan semi-transparan panel. Jika Anda lebih menyukai GNOME desktop, Anda bisa memilih task-gnome di Synaptic paket manajer dan Synaptic akan dengan senang hati menginstallkannya untuk Anda.

Aplikasi yang disertakan pada edisi PCLinuxOS 2007 ini begitu beragam. Untuk kebutuhan perkantoran, OpenOffice suite 2.2.0 siap menemani Anda. Firefox 2.0.0.3 siap melayani Anda akan kebutuhan surfing di dunia maya. Anda bisa puaskan untuk mendengar atau memainkan aplikasi multimedia Anda dengan Amarok, MPlayer, Kaffeine, Frostwire, DeVeDe, TVTime, Flash, and Java JRE.

Sedang untuk melihat atau memanipulasi gambar dan foto, PCLinuxOS menyediakan GIMP, GQView, digiKam, dan Kalbum. Anda ingin tampilan 3 dimensi yang menawan, beryl 3D akan mewujudkannya. Aplikasi Internet begitu beragam antara lain XChat, Kopete, Ktorrent, Thunderbird, dan TightVNC. Sistem tool termasuk diantaranya K3b, Krusader, GKrellM, dan SearchMonkey.

Untuk mengkonfigurasi sistem PCLinuxOS 2007 menyediakan KDE Control Panel dan PCLinuxOS Control Panel. Dengan PCLinuxOS Control Panel, Anda bisa melakukan setting terhadap sistem dan hardware terpasang, antara lain pengaturan firewall, groupware mail services, Network devices dan konfigurasi koneksi, pemilihan service pada saat start dan masih banyak lagi.

Kernel terpasang pada PCLinuxOS 2007 ini adalah Linux-2.6.18.8 dengan Xorg 7.1.1 dan GCC 4.1.1. Jika kumpulan aplikasi di CD belum memenuhi kebutuhan Anda, lebih dari 5000 aplikasi tambahan lain bisa Anda download dari PCLinuxOS repository. Tentu saja bila Anda mempunyai koneksi Intermet.
Disadur dari Majalah Komputek

Comments

Paling Banyak Dibaca