Skip to main content

Jawara Pramuka - MTsN Pekanbaru

Jawara Pramuka - MTsN PekanbaruSEJAK tahun 1995, ekstrakurikuler Pramuka, di Sekolah Madrasyah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Pekanbaru, yang terletak di Jalan Amal Hamzah No 1 Kelurahan Cinta Raja, Kecamatan Sail ini, sudah banyak meraih prestasi yang membanggakan.

Sebelum itu, Pramuka MTsN Pekanbaru, juga sudah pernah meraih prestasi. Tapi semenjak, kepemimpinan Amrullah Rahman, selaku Pembina Pramuka MTsN Pekanbaru, prestasi-prestasi mengalir drastis, diraih oleh sekolah Islam negeri ini.
Seperti halnya Fithriyah Hanifah selaku Ketua Puteri Pramuka, yang kerap membawa Pramuka putri banyak perolehan prestasi baik tingkat lokal sampai nasional,
‘’Salah satu usaha yang dilakukan adalah belajar dengan disiplin mengikuti pelatihan-pelatihan yang diberi oleh Pembina Pramuka untuk seluruh siswa-siswi yang tergabung dalam anggota Pramuka,’’ ungkap Fithriyah Hanifah.


Fitri beserta rekan-rekannya selalu tekun berlatih setiap apa yang diintruksikan oleh pembina pramukanya. Kekompakan sesama anggota pramuka adalah kunci utama untuk meraih prestasi. Selain itu tidak memandang sepele dalam setiap pertandingan atau perlombaan. Mereka bertekat akan tetap eksis dalam berpramuka. ‘’Saya sudah senang menggeluti dunia pramuka dan satu hal yang tetap saya ingat, belajar tetap nomor satu,’’ ucapnya.

Selain itu, Pembina Pramuka MTsN Pekanbaru, Amrullah menjelaskan bahwa dalam pengajaran ataupun pelatihan yang diberikannya kepada para siswa selama ini, tidak menerapkan sistem hubungan guru dengan siswa, melainkan hubungan antara adik dan kakak.

Menurutnya, ini adalah salah satu kiat ampuh dalam mendidik siswanya. Tidak ada perasaan canggung ataupun takut diantara pembina dengan siswa. Melainkan timbul sifat sayang-menyayangi, sehingga menjadikan para siswa semakin bersemangat menjalani kegiatan yang dilakukan sebagaimana mestinya.

Selalu Banyak Peminat
Setiap tahun ajaran baru, ekskul Pramuka selalu memperoleh anggota baru terbanyak dibandingkan dengan ekskul yang lainnya di MTsN Pekanbaru. Ini dikarenakan, MTsN sudah terkenal dengan ekskul Pramukanya yang banyak memperoleh prestasi yang luar biasa.

Tidak jarang, pada tahun 2008 ini, jumlah anggota baru yang ada di ekskul Pramuka, memperoleh anggota setengah dari jumlah seluruh siswa yang ada di MTsN Pekanbaru. Berbagai alasan yang dilontarkan oleh para siswa, perihal keinginan di Pramuka. ‘’Yah, yang prestasinya itu tadi. Pramuka di MTsN, sangat bergengsi. Terbukti di perlombaan LT V Tingkat Nasional tahun 2007 lalu, berhasil direbut oleh pramuka MTsN. Bayangkan, pramuka MTsN mewakili tim pramuka sekolah yang ada di Riau, yang akan bertanding pada tingkat nasional,’’ ungkap Iqbal, salah satu anggota Pramuka MTsN dengan antusias.

Alasan lain juga dilontarkan oleh Fitri, siswi kelas tiga MTsN Pekanbaru ini. ‘’Masuk pramuka, enak dan asyik. Terus banyak dapat pengalaman juga. Di pramuka, kita bisa belajar mandiri, menjalin kebersamaan, kekompakan, bisa memunculkan ide-ide dan kreatifitas dan hidup berdisplin. Ya, Serulah pokoknya,’’ ungkap Fitri yang hobi Hiking ini.

Ultah Pramuka di Tingkat Gubernur, MTsN Keren
Bersempena memperingati Ulang Tahun (Ultah) Pramuka, Pramuka MTsN, ditunjuk untuk menjadi tim pelaksana kegiatan upacara Ultah Pramuka, ditingkat provinsi. Dhia Hana Mufida, salah satu siswi MTsN Pekanbaru, yang ditugaskan menjadi pembaca Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, pada kegiatan upacara tersebut, mendapatkan pujian manis dari Gubernur Riau, Wan Abu Bakar. Dikarenakan, dalam pembacaan UUD 1945, Dhia mengucapakan kalimat-kalimat dengan lancar dan tepat tanpa membaca teks sedikitpun.(Melda CCMD, Fakultas Ekonomi Unri 07)

Comments

Paling Banyak Dibaca