Skip to main content

Strategi Pemasaran Internet

Menurut Anne Ahira, langkah strategis pertama masuk ke bisnis online sebagai Internet Marketer, sama dengan masuk ke dunia bisnis offline, yaitu tentukan tujuan dan jenis usaha. Dengan begitu, kita dapat mengembangkan strategi pemasaran yang tepat, sekaligus mengukur tingkat pengembalian modal. Setelah itu, baru kita membuat situs Internet.

“Membuat situs Internet gampang, tapi yang penting, bagaimana mengundang orang untuk datang ke situs kita, membuka halaman-halaman situs kita, membeli sesuatu dari situs kita dan bahkan menjadi regular visitor”, kata Anne Ahira. Berikut ini adalah beberapa tips dari Anne Ahira untuk Anda yang ingin menjadi seorang Internet Marketer:

1. Tujuan dan Jenis Usaha
Ada 3 (tiga) jenis usaha yang bisa dikembangkan oleh individu, yaitu:

- Mendapatkan komisi dari trafik internet atau penjualan online melalui link di situs web Anda. Pengguna internet yang meng-klik link di situs tersebut akan diarahkan ke situs e-commerce lain. Jika pengguna internet tersebut akhirnya membeli produk di situs e-commerce yang dirujuk tersebut, maka Anda akan mendapat komisi dari penjualan. Jenis ini biasa disebut Affiliate Marketing.

- Membuat katalog online untuk mendukung penjualan. Isi situs jenis ini adalah informasi produk yang tersusun dengan baik dalam bentuk katalog, agar pengguna internet memahami informasi produk dengan baik dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian secara offline di toko-toko yang menyediakan produk tersebut.

- Menjual produk via internet. Situs jenis ini biasanya disebut sebagai situs e-commerce, dengan tujuan menjual produk atau jasa langsung dari internet. Disamping dilengkapi dengan katalog online, situs e-commerce memiliki fasilitas pemesanan online untuk banyak produk, plus pilihan fasilitas pembayaran.

2. Struktur dan isi situs
Memperoleh pengunjung setia situs merupakan tantangan yang sulit. Cara yang paling efektif adalah dengan menyediakan isi situs yang berkualitas dan selalu diperbaharui agar pengunjung tertarik untuk kembali berkunjung. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan struktur situs dan kemudahan pengunjung menemukan informasi yang mereka cari. Usahakan agar pengunjung hanya memerlukan tiga kali klik mouse untuk menemukan informasi yang dicari. Apabila lebih dari tiga klik, pengunjung akan mencari informasi tersebut pada situs lain.

3. eMail Marketing
Banyak Internet Marketer terutama yang pemula tidak/belum memiliki uang untuk memasarkan situs secara komersial, seperti pemasangan iklan PPC (Pay per Click). Jangan khawatir, Anda tetap bisa memasarkan situs secara gratis. “Beritahu teman-teman bahwa Anda mempunyai situs baru. Informasi dari mulut ke mulut itu akan membentuk jaringan raksasa. Di situs bisa Anda tambahkan fasilitas rekomendasi, jadi bila seseorang merekomendasikan situs kepada orang lain, dia akan mendapat hadiah.” saran Anne Ahira

4. Back Link dan Kerja Sama
Salah satu cara ampuh untuk meningkatkan jumlah pengunjung memasuki situs adalah dengan mencari situs lain yang memiliki informasi yang sama dengan situs Anda. Metode tersebut dapat dimulai dengan menggunakan Search Engine seperti Yahoo! dan Google, untuk menemukan situs dengan konsep yang sama. Mulailah dengan mengirimkan email kepada pemilik situs tersebut, dan meminta back-link atau memuat berita yang menyebutkan situs Anda.

5. Search Engine dan Directories
Search engine juga dapat difungsikan untuk memperkenalkan sebuah situs karena search engine akan menemukan situs dengan sendirinya. Ada juga search engine yang memerlukan pendaftaran, seperti Dmoz. Semua link yang terdaftar akan diteliti oleh editor, dan akan dimasukksn pada search engine apabila telah memenuhi syarat. Dmoz dapat membuka banyak pintu dan meningkatkan trafik situs.

6. Forum
Anda juga dapat mendaftarkan diri ke dalam forum yang membahas topik yang berhubungan dengan isi situs Anda. Sertakan juga link alamat situs dalam setiap posting Anda, sehingga pengguna forum akan mendapat referensi menuju situs Anda begitu dia meng-klik link tersebut. Meski demikian, jangan sekali-kali berupaya menarik perhatian forum dengan megirim spam, karena bisa mengakibatkan Anda dikeluarkan dari forum tersebut.

7. Social Networking
Situs Social Networking seperti Friendster, Facebook dsb juga perlu dipertimbangkan sebagai sarana menambah teman. Situs-situs ini pun banyak digunakan para Internet Marketer kelas dunia sebagai salah satu sarana promosi situs mereka.

8. Blog
Blog sepertinya sudah menjadi salah satu sarana penunjang lain yang bersifat wajib dimiliki oleh para Internet Marketer. Melalui blog, Anda bisa bercerita tentang produk yang Anda jual. Anda bisa menggunakan fasilitas blog gratis yang sudah memiliki reputasi seperti Blogger.com, Wordpress.com dsb
Sekian Tips dari saya, semoga bermanfaat serta semoga Tips Memulai Bisnis Sebagai Internet Marketer ini bisa menjadi penggugah semangat Anda dalam meraih penghasilan melalui Internet.(setiadi/internet/hus)

Comments

  1. Internet memang sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat Indonesia, maka promosi via internet juga bisa sangat diandalkan untuk memasarkan produk, terimakasih atas artikelnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca