Skip to main content

Gebrakan di Pasar Musik Digital

Gebrakan di Pasar Musik Digital Nokia 5800 Express Music menandai langkah Nokia memasuki bisnis musik digital. Jumat, 10 Oktober 2008 16:15 WIB Awal Oktober ini, Nokia akhirnya meluncurkan ponsel baru, Nokia 5800 Express Music. Ini merupakan ponsel musik dan termasuk generasi pertama produk Nokia yang menggunakan layar sentuh sepenuhnya.

Meski telah resmi diperkenalkan di London dan Singapura pada tanggal 2 dan 3 Oktober lalu, dan akan menyusul di sembilan kota besar lain di dunia, Nokia 5800 belum beredar di pasar. Pihak Nokia menjadwalkan, ponsel yang didesain khusus bagi para pencinta musik (music lovers) ini baru ada di pasaran pada kuartal terakhir tahun ini atau paling lambat sebelum Natal. Harganya 279 Euro, belum terbilang pajak.

Nokia bukan yang pertama yang memproduksi ponsel musik dengan menggunakan layar sentuh. Sebelumnya sudah ada iPhone dari Apple dan T-Mobile G1 dari Google yang berbasis Android. Nokia 5800 diramalkan bakal menjadi pesaing utama iPhone yang diluncurkan tahun lalu dan berhasil menyedot perhatian banyak orang.

Pihak Nokia sendiri yakin, produk terbarunya itu akan sukses. Sejauh ini, Nokia telah berpengalaman menjual ponsel musik. Nokia telah menjual 300 juta perangkat yang menyediakan fitur musik dan 10 juta unit Nokia 5310 ExpressMusic, yang masuk kategori ponsel musik. Angka-angka penjualan itu membuat Nokia optimis bisa menggebrak pasar meski Nokia 5800 ExpressMusic datang belakangan.(nto/net)

Comments

Paling Banyak Dibaca