Skip to main content

Ketua OSIS SMAN 4 Pekanbaru Bekerja Tanpa Pamrih

M Vemberdi Intansir siswa kelas XI IPS 2 terpilih selaku Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Pekanbaru angkatan 2008-2009, Rabu (13/8) yang lalu di forum rapat inti. Kemudian Sabtu (23/8) pukul 9.30 WIB lalu, Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Pekanbaru Drs Azwir melantik Ketua OSIS dan perangkatnya.

Menurut keterengan M Vemberdi, Senin (25/8) lalu, pemungutan suara dilakukan secara langsung. ‘’Setiap kelas diberi angket untuk pemilihan calon ketua OSIS, pertama setiap kelas mengutus dua calon untuk menjadi calon ketua OSIS sehingga semua berjumlah 32 orang calon, kemudian tersaring sepuluh calon dan kemudian tinggal tiga calon untuk dipilih menjadi ketua OSIS,’’ ungkapnya.

Vemberdi juga mengatakan, bahwa selain meneruskan program OSIS 2007-2008, ia memiliki beberapa program yang menjadi program utamanya dimasa jabatannya. ‘’Program utama yang sedang kami rancang untuk SMAN 4 Pekanbaru yaitu dibidang seni mengeksiskan kembali Handstick 4 dan seni lainnya, mengadakan dan mengikuti pertandingan di bidang olahraga dan terutama ikut serta di setiap olimpiade,’’ jelasnya lagi.

Semua program yang akan dilaksanakan tersebut, Vemberdi sangat mengaharapkan kerjasama antara sesama perangkat OSIS untuk menyukseskan semua program yang ditargetkan. Hal ini dipertegasnya saat rapat pertama digelar setelah dilantiknya ia menjadi ketua OSIS. ‘’Tekatkan kemampuan diri sendiri dan tanamkan mental bekerja tanpa pamrih dan bekerja dengan penuh tanggung jawab,’’ tegasnya kepada semua perangkat OSIS.

Disamping itu, Drs Jumadi Wijaya yang merupakan pembina OSIS sekaligus waka Kesiswaan di SMAN 4 Pekanbaru memaparkan tugas Majelis Perwakilan Kelas (MPK) sebagai pengawas, pemantau dan mengevaluasi kinerja OSIS.

‘’Kita menugaskan MPK untuk memantau jalannya kerja OSIS karena setelah setengah tahun nanti akan diadakannya revisi terhadap kepengurusan dan program OSIS, MPK akan merekomendasikan kepada pembina OSIS dan untuk mengambil keputusan akan diadakan secara musyawarah termasuk mengganti atau mengurusi anggota OSIS yang tidak aktif di jabatannya,’’ ungkap Jumadi.

Ia juga mengatakan bahwa semua ketua kelas akan menjadi anggota MPK dan untuk ketuanya berasal dari kelas XII IPA 1 yaitu M Iqbal. ‘’Semua kegiatan akan menggunakan kesepakatan antar OSIS dan MPK, guru tidak lagi diikut sertakan, terutama tentang keuangan OSIS,’’ tegasnya.

Selain itu, beliau sangat mengaharapkan OSIS sebagai pembangun di bidang ekstra dan intra bagi SMAN 4 Pekanbaru. ‘’Mengingat sekolah kita sebagai rintisan Sekolah Kategori Mandri (SKM), kita selalu menginginkan dari tahun ke-tahun SMAN 4 menjadi lebih baik, untuk itu OSIS sangat diharapkan sebagai mediator dan motivator,’’ ucapnya.(Wido CCMD)

Comments

Paling Banyak Dibaca