Skip to main content

LPPM Unilak Latih Guru Rumbai

GURU merupakan ujung tombak dalam pendidikan dan pengajaran anak di sekolah. Karenanya penguasaan Iptek bagi guru sangat dituntut. Supaya dapat dikembangkan dalam sistem belajar mengajar dan menunjang keberhasilan bagi anak didiknya. Konsekuansinya guru harus dapat merespon kemajuan dunia teknologi informasi (internet) yang begitu cepat. Bilamana tidak diikuti perkembangan, ini pasti akan tertinggal dalam hal informasi.

Internet merupakan bagian dari sistem informasi yang dapat dimanfaatkan oleh semua orang dalam mengakses informasi atau berita. Dalam menunjang kegiatan belajar mengajar keberadaan internet sangat diperlukan. Berbagai informasi dapat di downlood di internet.

Berdasarkan hasil observasi, kata Ketua LPPM Unilak Taufiqul Hulam, kecanggihan teknologi informasi itu sayangnya belum dimanfaatkan sepenuhnya oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar. Penyampaian materi pelajaran sangat teks book sehingga informasi tidak berkembang padahal contoh-contoh up to date yang mendukung materi pelajaran dapat diakses di internet.

Berdasarkan kondisi yang demikian, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unilak tergugah mengadakan pelatihan bagi guru khususnya di Kecamatan Rumbai, Sabtu (26/7) lalu bertempat di Pusat Komputer Unilak dengan tema ‘’Optimalisasi Penggunaan Internet dalam Proses Belajar Mengajar’’. Kegiatan ini dipandu Anto Ariyanto SSi MSi dan Triono Dul Hakim ST beserta tim Puskom.

Tujuan kegiatan ini adalah guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengoperasikan dan memanfaatkan internet secara optimal dan mendukung kelancaran serta keberhasilan guru dalam proses belajar mengajar. Harapan setelah kegiatan ini, menurut Ketua LPPM adalah peserta dapat memanfaatkan dan menggunakan internet dalam pelaksanaan belajar mengajar secara optimal.(Gagas Tri Anggoro-WMD/nto)

Comments

Paling Banyak Dibaca