Skip to main content

MAN 1 Jadikan Terjemah Alquran Muatan Lokal

TAHUN ajaran baru 2008/2009, MAN 1 Pekanbaru menjadikan terjemahan Alquran sebagai muatan lokal. Menurut Waka Keislaman Ghafardi SAg, kegiatan ini bertujuan agar siswa MAN 1 mampu menterjemahkan Alquran. Dan, terjemahan Alquran ini diikuti kelas XI dan XII. Sementara kelas X diajarkan tahap mengaji.
‘’Selain siswa menguasai pelajaran umum, juga mampu menguasai pelajaran agama seperti menguasai terjemahan ALquran ini. Dan, tentunya harapan kita agar mereka (siswa) mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,’’ katanya pada Xpresi, Sabtu (7/6) melalui telepon selularnya.


Untuk tahap awal ini, lebih jauh ia katakan, seluruh guru agama MAN 1 diberi pembekalan pendidikan untuk mengusai terjemahan Alquran tersebut. Program ini bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan Ilmu Quran Nasional (LPIQN) di bawah Yayasan Mesjid Istiqlal Jakarta. Pendidikan yang sudah berlangsung sekitar dua bulan ini, dilaksanakan sehari dalam sepekan, setiap hari Kamis. Pengajarnya H Darisman MA dosen Ilmu Tinggi Alquran yang merupakan tamatan Yordan.
‘’Selama dua bulan ini, para guru agama antusias mengikuti tingkat dasar yang dilaksanakan selama 20 pertemuan. Bahkan, Ibu Kepala Dra Hj Hayatirruh MEd juga antusias mengikutinya. Dan, kedepan, tidak hanya guru agama, tapi semua guru yang ada di MAN 1 diberikan pendidikan terjemahan Alquran. Setelah itu baru siswanya yang diajarkan terjemahan Alquran tersebut. Jadi, sebelum kita mengajarkan terjemahan Alquran ini kepada siswa, terlebih dahulu kita harus menyiapkan kualitas gurunya,’’ujarnya. (Dodi Putra-MAN 1)

Comments

Paling Banyak Dibaca