Skip to main content

Haruskah Aku Ikut-Ikutan?

DEAR Xpresi yang makin keren!
Perkenalkan namaku Vicky, aku sekarang kelas III SMA. Kemarin, Sabtu (14/6) adalah pengumuman kelulusan untuk tingkat SMA se-Indonesia. Ketika itu aku bingung, di sekolah aku terkenal dengan anak teladan, selalu patuh dengan guru. Alhamdulillah selalu dapat juara kelas. sesekali aku pernah meraih juara umum. Namun, di lain hal aku bingung. Karena aku dikelilingi oleh teman-teman yang fanatik dengan kelulusan. Rencananya mereka akan mengajakku berkonvoi keliling kota.

Itu sebagai ucapan terimakasih atas bantuan yang telah ku berikan pada waktu Ujian Nasional kemarin. Mereka telah menyediakanku tempat spesial pada waktu konvoi-konvoi besok. Walau aku nggak punya sepeda motor, mereka tetap memaksaku untuk ikut dalam kegiatan hip-hip hura atas kelulusan mereka. Sebenarnya, aku tidak mau ikut. Aku lebih suka syukuran atau salat bareng atas kelulusan ini. Karena aku juga salah satu anak Rohis. Aku terlalu lemah untuk menolak ajakan mereka. Tolong bantu aku ya! Aku yakin xpresi pasti bisa. Terimakasih atas bantuannya.

Vicky Gunawan
vickryan_coollz@xxxx.co.id


Dear Vicky..
Wah... Kamu harus bersyukur atas anugerah Tuhan yang telah diberikan. Karena, kamu memiliki otak yang cerdas. Mestinya kamu bisa menentukan arah dan tujuan kamu. You are you... Kamu adalah kamu. Jadi, jika kamu merasa nggak setuju dengan ajakan mereka.

Kamu bisa menolaknya dengan cara halus. Bilang aja kalau kamu lebih suka dengan kegiatan yang religi. Lagian, coba kamu gertak mereka dengan bayangan musibah. Soalnya, kebanyakan siswa yang konvoi-konvoi karena kebahagiaan yang diluar batas, akhirnya kegiatan konvoi keliling kota tersebut mendatangkan korban. Lagian, kamu yakinkan apa untungnya konvoi-konvoi keliling kota yang tak tentu arah.

Kamu juga tau sendirikan, harga BBM sudah melambung tinggi. Mendingan, kamu kumpulin uang buat selametan di Sekolah. Itu kan lebih baik. Kalau mereka tetap memaksa, kamu coba minta perlindungan kepada Waka Kesiswaan atau guru-guru yang bisa melindungi keselamatan kamu dari paksaan mereka.

Kalau mereka tetap memaksa juga. Kamu minta aja uang mentah yang rencananya bakal buat traktir kamu. Uang tersebut bisa kamu belikan atribut untuk mushala. Bukankah kamu anak rohis? bantuan tersebut pasti sangat berguna bagi mushala di sekolah mu. Lagian, itu juga kan merupakan amal jariyah bagi kamu. ya kan? tapi, kalau hanya sekedar ngajak makan-makan, nggak ada salahnya kamu ikutan. Tapi jangan sampai kamu dijebak ikut-ikutan untuk mencoret baju. Karena, walau bagaimanapun seru nya coret-coret baju, hal yang lebih seru adalah kumpulin baju bekas tersebut untuk diberikan kepada adik-adik kelas yang membutuhkan. Kini semua serba mahal, hemat-hemat dong dalam hidup! benar kan? Semoga kamu bisa melewati ajakan negatif dari temanmu itu Vick. Sukses yah Vick, carilah perguruan tinggi yang sesuai dengan hati mu. Suai?.(Xpressi/shahid)

Comments

Paling Banyak Dibaca