Skip to main content

BEM FE Unri Gelar Economic Expo

Mahasiswa sebagai generasi muda dituntut untuk mengkritisi dan menganalisis berbagai fenomena-fenomena yang ada di masyarakat. Sebagai komunitas intelektual yang berfikir bagaimana cara agar terjadi perubahan kearah yang lebih baik, adanya progress guna kemajuan bangsa dan Negara. Sumbangsih berupa pemikiran sangat diperlukan untuk mendukung proses transformasi menuju perbaikan.

Atas dasar itu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Riau (Unri) mengadakan serangkaian kegiatan yang bertajuk Economic Expo.
Kegiatan yang terdiri dari seminar, lomba karya tulis ilmiah, dan Company Visit dilaksanakan dua hari, mulai dari (3/6) sampai (4/6) di Yudisium FE Unri.
Dalam kegiatan tersebut, materi yang dibahas adalah Corporate Sosial Responsibility ( CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan dengan dua pembicara yaitu, Prof Dr Sufian Hamim SH MSi, guru besar Fisipol UIR dan Ketut Piter Fitrianto Gegel, Kepala Community Development PT.IKPP Tbk Perawang.

Salah satu panitia Economic Expo, Rhia, mengatakan, materi yang diambil dalam kegiatan Economic Expo diambil berdasarkan permasalahan yang terjadi pada perusahaan yang tidak sepenuhnya memiliki tanggungjawab sosial terutama pada pihak konsumen dan karyawan pada setiap perusahaan.

Setiap perusahaan tentunya, harus dapat mengedepankan tanggungjawabnya terhadap lingkungan sekitar (CSR). Melalui itu, semua pihak yang terlibat dalam proses produksi perusahaan dapat saling menguntungkan satu sama lain. Dengan demikian, ujung-ujungnya tingkat perekonomian negara terbantu dengan adanya perusahaan yang bertanggungjawab dalam penciptaan lapangan kerja dan SDM yang berkualitas.
‘’Melaui realita itu, kami sebagai komunitas intelektual yang juga akan berkecimpung dalam bidang ekonomi tentunya dapat berpikir kritis dan mencari solusi yang terbaik dalalm memecahkan persoalan sejak dini,’’ Ungkap Rhia.

Para peserta yang mengikuti Visit Company ini adalah para peserta yang memenangkan lomba karya ilmiah. Pada kesempatan itu, peserta yang menjadi pemenang lomba karya ilmiah adalah Siswi SMA Cendana Pekanbaru, SMAN 8 Pekanbaru, SMA PLUS Pekanbaru, dan SMA Santa Maria.

Acara yang diikuti oleh mahasiswa dan pelajar se Provinsi Riau ini mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat, terlebih lagi dari pihak Pemerintah Provinsi (Pemrov) dan pemerintah kota (Pemko) yang menjadi sponsor kegiatan Economic Expo
( Melda, Mahasiswi Unri)

Comments

Paling Banyak Dibaca