Skip to main content

‘’Ingin Melihat, Bagaimana Koran itu Dibuat’’


PULUHAN pelajar dari Taman Kanak-kanak (TK) Kusuma, Bukit Barisan didampingi langsung oleh Kepala Sekolahnya, Magdalena dan 10 staf pengajar, Sabtu (17/5) pagi berkunjung ke redaksi Harian Pagi Riau Pos yang diterima oleh Redaktur Senior Deslina. Turut dalam kunjungan itu, Kepala SMP Kusuma Pekanbaru Dra F Linda.

Kedatangan bocah-bocah manis ini seperti diungkapkan Kepala Sekolah TK Kusuma Magdalena, untuk melihat secara dekat proses menerbitan sebuah koran.’’Kita ingin memperkenalkan kepada anak-anak, bagaimana proses penerbitan sebuah koran, sebagai media komunikasi yang menerbitkan berbagai peristiwa yang terjadi di tengah masyarakat, baik lokal maupun nasional,’’jelasnya.

Mengingat yang berkunjung para bocah cilik, Deslina hanya mengajak para murid-murid yang lucu-lucu ini berkeliling ke ruang redaksi, sambil menunjukan bagaimana proses membuat berita.’’Ini, ruang komputer, tempat kerja para wartawan. Di sini, kakak-kakak wartawan membuat berita, sebelum dikirim ke komputer Koordinator Liputan untuk disuplai kembali ke redaktur penanggung jawab halaman sesuai berita yang ditulis wartawan,’’jelas Deslina.

Kendati tidak semuanya penjelasan itu dimengerti, namun bocah-bocah itu tampaknya lebih antusias melihat langsung proses pembuatan koran, salah satunya meninjau ruangan percetakan koran hingga meninjau langsung ke gudang tempat koran bekas.

Di gudang koran bekas ini, bukan hanya guru-guru TK Kusuma yang antusias bertanya, tapi juga orang tua murid yang kebetulan ikut dalam rombongan. ‘’Sisa koran bekas ini mau dikemanakan, dan kalau dijual berapa harga perkilonya?’’

Kunjungan TK Kusuma kemarin, berlanjut hingga ke studio penyiaran Riau Televisi(RTv). Di studio inipun, anak-anak TK Kusuma secara langsung melihat proses penyiaran program Detak Riau.(nto)

Comments

Paling Banyak Dibaca