Skip to main content

Fool’s Gold Buru Harta, Bonus Cinta

HARTA karun. Kalau dengar frasa tersebut, imajinasi seseorang pasti berlari ke tumpukan emas batangan, permata berkilau, hingga berbagai perhiasan berharga tinggi. Benjamin Finnegan (Matthew McConaughey) adalah orang yang ngoyo mendapatkan impian tumpukan harta tersebut. Dia giat mengarungi lautan untuk mencari harta karun peninggalan seorang ratu dari abad ke-18.

Bukannya menjadi miliarder berkat obsesi itu, Finn malah dililit berbagai masalah. Mulai lilitan utang karena menyewa pulau sampai gugatan cerai sang istri, Tess (Kate Hudson).

Namun, Finn tak mau menyerah. Bermodal temuan pecahan piring yang diyakini sebagai bagian harta karun terpendam, dia kembali termotivasi melanjutkan pencarian. Di perjalanan, dia berhasil memengaruhi seorang miliarder pemilik kapal pesiar mewah, Nigel Honeycutt (Donald Sutherland), untuk bergabung. Secara kebetulan, Nigel adalah bos Tess. Bertiga, mereka mengejar harta.

Dengan kehadiran Tess, bukan hanya harta yang dicarinya, tapi juga cinta sang istri.
Tapi, tak selamanya rencana Finn berjalan lancar. Mereka bukan satu-satunya yang tertarik akan harta karun terpendam itu. Ada banyak perompak modern lain yang berniat menemukannya.

Dengan cerita mencari harta yang senada dengan tema National Treasure atau Romancing the Stone, Fool’s Gold terasa tidak lebih istimewa daripada pendahulunya. Film petualangan yang dibalut romantisme (plus kekacauan) kisah hidup Finn dengan Tess masih belum bisa menjadi formula yang luar biasa.

Pemandangan laut yang indah akan lebih sering membuat orang mengucapkan “wow” daripada mengikuti perjalanan yang dilalui tokoh-tokohnya. Hal lain yang mungkin cukup membantu adalah kehadiran bintang-bintang tenar spesialis komedi romantis seperti Hudson dan McConaughey.

Lebih dari itu, tidak banyak ide baru yang mencuat lewat Fool’s Gold. Beberapa humor yang bermunculan juga terasa lewat begitu saja. Bagi yang kangen akan reuni pasangan Hudson-McConaughey seperti dalam komedi romantis How to Lose a Guy in 10 Days, film tersebut mungkin bisa jadi pengobat rindu. Meski, banyak yang menganggap bahwa keduanya belum berhasil meraih chemistry yang baik seperti dalam film sebelumnya.
Tapi, McConaughey membantah anggapan itu. “Hudson dan aku sudah terbiasa bekerja bersama-sama.

Jika melihat hubungan kami berdua dalam sebuah film, begitu pula yang terjadi di dunia nyata. Kami sudah seperti kakak beradik yang bisa menjadi sahabat baik di waktu tertentu sekaligus musuh besar di waktu lain,” ujarnya.

Meski film yang dihasilkan belum luar biasa, sang sutradara, Andy Tennant, menyatakan puas dengan hasil kerja dan usaha para pemain Fool’s Gold. Termasuk, usaha aktor dan aktrisnya untuk menguasai teknik menyelam dalam waktu relatif singkat.

”Para kru begitu antusias mengerjakan proyek tersebut. Padahal, bekerja sama di laut membutuhkan kerja lebih berat. Tapi, tak ada yang mengeluh. Bahkan, Kate yang belum pernah diving seumur hidupnya sangat antusias ketika harus mengikuti sesi latihan menyelam hingga dinyatakan lulus,” tutur sutradara yang juga turut dalam pembuatan film Hitch tersebut.

Fool’s Gold
Sutradara: Andy Tennant
Pemain: Matthew McConaughey, Kate Hudson, Donald Sutherland, Alexis Dziena
Penulis: John Claflin, Daniel Zelman
Produser: Donald De Line
Produksi: Warner Bros Pictures
Rilis: 8 Februari 2008

(hbk/berbagai sumber)

Comments

Paling Banyak Dibaca