Skip to main content

Balap Mobil Gaya Permen


ang. Bisa dibayangkan, dengan nama seperti itu, tentu keluarga tempat dia dibesarkan adalah penggila balap. Balap mobil, tepatnya. Speed (Emile Hirsch) punya kakak yang juga pembalap, Rex Racer (Scott Porter). Namun, saat Speed masih anak-anak, Rex dikabarkan meninggal dalam sebuah balapan.

Beranjak dewasa, Speed ingin mengejar jejak sang almarhum kakak dengan menjadi pembalap. Kehebatannya menarik perhatian Royalton Industries, perusahaan milik miliarder Royalton (Rogger Allam).

Namun, Speed tak merasa perusahaan itu merupakan tempat tepat baginya. Dia memutuskan menolak tawaran perusahaan raksasa tersebut. Speed memilih tetap menjadi pembalap yang hanya disponsori usaha milik keluarganya, Racer Motors.
Sakit hati dengan sikap Speed, Royalton menyusun rencana jahat. Dia berusaha mati-matian membuat Speed tak bisa jadi pembalap ternama.

Dalam usahanya mencapai karir, Speed bertemu pembalap asal Asia, Taejo Togokhan (Rain) dan pembalap misterius Racer-X (Matthew Fox). Bertiga, mereka berniat mengalahkan pembalap-pembalap Royalton di Casa Cristo. Jauh di dalam hati Speed, setelah memenangi Casa Cristo, dia bisa mendapat undangan menjajal Grand Prix World Racing League.

Speed Racer adalah film adaptasi dari animasi 1960-an berjudul Mach GoGoGo (dalam anime versi Inggris dinamai Speed Racer). Film itu pun tampak sangat ingin menyatukan dunia kartun dan kehidupan nyata. Karena itu, tone dalam Speed Racer penuh warna-warni permen yang ceria.

Karena tone warna tersebut, menyaksikan Speed Racer bakal mengingatkan pada Charlie and the Chocolate Factory. Apalagi, saat Speed diajak berkeliling ke pabrik Royalton Industries. Royalton tampak seperti Willy Wonka yang sedang memamerkan kinerja pabriknya.

Tapi, di sini tidak akan ada Oompa Lompa yang bernyanyi-nyanyi. Speed Racer punya sejumlah intrik menarik ketimbang menampilkan goyangan-goyangan antik.
Sentuhan Andy dan Laary Wachowski dalam film tersebut cukup membuat Speed Racer tampak beda. Bila film animasi lain berlomba-lomba membuat gambarnya tampak nyata, Speed Racer justru ingin membuat tokohnya yang berwujud manusia terlihat seperti kartun.

“Ini adalah film paling berwarna yang pernah dibuat. Paduan penggunaan kamera digital dan permainan warna yang cantik membuat Speed Racer jadi sempurna,” kata Wachowski bersaudara yang juga menggarap sekuel The Matrix dan V for Vendetta. (hbk/berbagai sumber)

Speed Racer

Pemain:
Emile Hirsch, Scott Porter, Rain, Christina Ricci, John Goodman
Sutradara:
Andy Wachowski
dan Larry Wachowski
Penulis:
Andy Wachowski, Larry Wachowski

Produser:
Joel Silver,
Grant Hill, Andy Wachowski, Larry Wachowski
Produksi:
Warner Bros Pictures
Rilis: 9 Mei 2008

Comments

Paling Banyak Dibaca