Skip to main content

SMKN 1 Protek Situs Tidak Sopan

HEBOH dengan serangan situs tidak sopan tak membuat Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Pekanbaru panik. Karena, sejak pemasangan jaringan internet di SMKN tersebut, tim teknisi menyediakan software anti situs tidak sopan. Ketika siswa mengakses situs tidak sopan, otomatis dalam beberapa detik komputer yang mengakses situs tidak sopan tersebut akan padam.


Rabu (9/4) lalu, Xpresi kembali mengecek perkembangan teknologi informatika di SMKN itu. Terakhir kali Xpresi berkunjung ke Labor Komputer SMKN 1 adalah tiga tahun yang lalu. Kini begitu banyak perkembangan yang terjadi di Labor Komputer SMKN 1 Pekanbaru tersebut.‘’Saat ini kami sudah memiliki 43 Unit Komputer di Lab A, yang sudah terhubung dengan jaringan internet dan Speedy. Selain itu juga kami juga mengupdate computer dengan kecepatan terkini sehingga lebih mempermudah siswa untuk mengakses informasi terkini,’’ ungkap Dra Rohaniah, selaku Ketua Jurusan IT di SMKN 1 Pekanbaru.

Dari segi interior juga sudah banyak perubahan. Di Lab A, sudah menggunakan computer dengan desain tidur. Sementara di Lab B menggunakan computer dengan desain berdiri. ‘’Hal ini, kami buat agar siswa terbiasa dengan tekhnologi terbaru. Jadi tak canggung lagi dengan beragam perkembangan tekhnologi, desain ini sudah diselesai sejak tiga bulan silam,’’ papar Rohaniyah.

Rohaniyah menyebutkan kebijakan pemerintah memprotek situs tidak sopan adalah suatu kebijakan tepat, namun jika terlalu memprotek siswa dengan peraturan ketat, akan menghambat perkembangan siswa tersebut. ‘’Jika siswa hanya sekedar mengetahui saja, saya rasa itu adalah hal yang wajar,’’ ujarnya.

Seperti halnya dengan ilmu kedokteran yang harus menampakkan organ tubuh manusia secara menyeluruh. Begitu juga dengan siswa. Jika mereka mengakses situs yang akan menambah ilmu mereka seputar pendidikan seks walau mengharuskan mereka melihat organ-organ vital tersebut maka sekolah masih memperbolehkan. Tapi, jika kelakuan mereka melampaui batas dengan mengakses situs yang merusak perkembangan jiwa maka guru yang bertugas akan menindak dengan.

Mengenai serangan dari situs tidak sopan tim IT SMKN 1 sudah Siaga I. ‘’Yang pasti, di sekolah kami sudah memprotek setajam mungkin serangan dari situs tidak sopan ini, dengan menguptodate software anti situs tidak sopan. No access to p*rn site,’’ tutup Rohaniyah yakin.(Shahid-WMD/nto)

Comments

Paling Banyak Dibaca