Skip to main content

Omni Naik, Laptop Segera Terkoneksi

Laporan Nasori Habib, Pekanbaru Ibnu_habib@riaupos.co.id


RT RW Net Riau Pos menaikkan antena Omni. Warga sekitar semakin mudah menikmati layanan internet. Selain tidak memerlukan kedudukan antena yang cukup tinggi, omni ini juga mempermudah pemilik laptop ber-wifi, untuk langsung tersambung.

Warga sekitar Kantor Riau Pos Panam semakin mudah saja menikmati layanan Internet. Setelah antena sektoral, kemarin satu lagi antena yang dinaikkan. Antena Omni ini memungkinkan warga yang bermukim di belakang Riau Pos dapat dengan mudah mengakses Internet. Menggunakan omni ini diharapkan akses ke internet lebih lancar. Sesuai dengan kemampuannya, antena omni ini memang dirancang untuk menjangkau daerah-daerah berdekatan. Radius maksimumnya hanya sekitar 3 kilometer.
Namun, omni keunggulan. Daya jangkaunya yang melingkar 360 derajat, memberikan akses untuk semua pemukiman, tak terkecuali yang berada di kiri kanan antena sektoral selama ini. Jangkauannya meliputi perumahan Purwodadi, Eka Tunggal, perumahan-perumahan di Jalan Cipta Karya, Kualu, Delima, Marsan Sejahtera dan sekitar Rajawali.
"Prosesi" menaikkan omni dilakukan kemarin pagi. Tepat pukul 09.00 WIB tim sudah menyiapkan berbagai peralatan di bawah tower Rtv. Tejo, kru Rtv telah lebih dahulu berada di ketinggian 50 meter untuk memasang kedudukan omni. Setelah segala sesuatu "ready", Omni pun dikerek ke ketinggian 50 meter.

Sebenarnya tidak harus setinggi itu untuk membuat omni bekerja. Melihat fungsinya untuk melayani jangkauan 3 kilometer saja, pada ketinggian 30 meter sudah cukup baik, karena di daerah seluas radius kilometer tersebut tidak ada gedung atau pohon dengan ketinggian seperti itu yang berpotensi sebagai penghalang.

Namun, karena antena sebelumnya sudah bertengger di sana, sekalian saja omni berinduk ke mikrotik. Apatah lagi memang masih ada satu port lagi yang standby di splitternya. Ya, tinggal sambungkan saja lagi.Dengan berfungsinya omni ini diharapkan warga akan semakin mudah menggunakan layanan internet. Ketinggian tertentu yang disyaratkan untuk melewati penghalang seperti gedung bertingkat dan pepohonan seringkali berakibat bahwa warga harus merogoh kantong yang lebih dalam untuk mendirikan tower, maupun tiang besi.
Banyak warga yang akhirnya mundur karena biaya mendirikan tower jauh di atas biaya untuk pasang baru akses. Kini, dengan adanya omni ini, antena penerima tidak perlu lagi terlalu tinggi. Boleh jadi Anda bisa "menyangkutkan" di bawah antena TV Anda. Walau demikian, kepastian itu baru akan didapat setelah kami mendapatkan laporan dari tim survey.
Selain itu, tim teknisi kami juga merancang omni ini untuk mempermudah pengguna laptop untuk terkoneksi ke jaringan RTRW Net Riau Pos ini. Jika berhasil, pengguna laptop akan mendapatkan layanan paling mudah ke jaringan ini. Tanpa deposit sama sekali.

Hanya mendaftarkan diri, dan membawa laptop ke kantor Riau Pos, lalu kami setting. Setelah itu Anda sudah bisa membawa laptop yang telah siap menghubungkan Anda ke Internet. Prosesnya lebih cepat, gampang dan tidak memberatkan.Ingin tahu lebih lanjut tentang layanan ini? Anda dapat menghubungi kami setiap hari kerja pada telepon 0761 64632, atau ke email rtrwnet@riaupos.net.

Comments

Paling Banyak Dibaca