Skip to main content

Siswa Sedar Berpraktek Penyulingan Air

PULUHAN siswa kelas XII IPA Sekolah Menengah Atas (SMA) Serirama (Sedar) YLPI Pekanbaru bersama guru kelasnya Nur Sera SPd bertandang ke Laboratorium Air Tampan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak Pekanbaru untuk melihat dari dekat proses penyulingan air minum pada Kamis (6/3) lalu.

Kunjungan siswa ini merupakan studi lapanganan untuk mata pelajaran Kimia Lingkungan. Di sana mereka disuguhkan oleh petugas PDAM bagaimana tata cara penyulingan air atau proses penjernihan air. Pertama yang dilakukan adalah mengambil air dari Sungai Siak, yang kemudian dilakukan pemisahan kotoran air.
Pemisahan kotoran air ini dilakukan dengan cara biasa yakni melalui filterisasi, ada juga pemisahan kotoran air dengan memisahkan partikel, Semuan dilakukan dengan memakai zat kimia. Hingga pada akhirnya air yang sudah dijernihkan itu disalurkan kepada konsumen.

Salah seorang siswa Ferry Sumardi mengatakan, kegiatan ini selain menambah wawasan juga memberikan penyegaran kepada para siswa yang ikut studi lapangan tersebut. Sebab, mereka setiap hari dihadapkan dengan berbagai jadwal pelajaran termasuk terobosan dan ujian. ‘’Maka kegiatan ini dinilai bisa memberikan kesegaran. Dapat dikatakan kunjungan kami itu rekreasi di luar sekolah sekaligus mendapatkan pelajaran tambahan tentang penyulingan air,’’ujarnya.(Hendrawan, Jurusan Bahasa Inggris UIN Suska Riau).

Comments

Paling Banyak Dibaca