Skip to main content

Merangkai Potensi Rokan ke dalam Website

Oleh: Nasori Habib nasori-habib@riaupos.net

SIAPA yang tidak kenal dengan Sungai Rokan? Daerah yang menyumbangkan tokoh pahlawan nasional ini tak hanya terkenal karena melahirkan sejumlah tokoh-tokoh pemimpin dan intelektual untuk Riau, tapi juga memberikan kontribusi yang sangat berarti bagi pendapatan daerah Riau.

Kini, daerah ini, tepatnya, Rokan Hulu, tengah mengejar derap perkembangan teknologi yang telah dicapai daerah-daerah lain di kawasan ini. Salah satu teknologi yang saat ini tengah dikembangkan adalah teknologi website. Teknologi ini dipilih karena sifatnya yang tidak mengenal batas wilayah dan dapat menjadi wadah terwujudnya interaksi antara warga, pemerintah dan pihak-pihak lain.

Melihat kandungannya, website ini menggabungkan antara dua lembaga yang ada di Rokan Hulu, yakni Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan yang menyingkat dua instansi ini menjadi Diskannak. Maka, situs yang mengambil alamat di www.diskannak-rohul.org ini dipilih untuk memberikan informasi secara massive tentang potensi yang terkandung di dalam bumi Rokan Hulu, dan juga sumber daya manusianya.

Menurut Ir Irwan Effendi Msc, mantan Rektor Universitas Lancang Kuning, yang juga adalah salah satu tokoh yang membidani situs ini mengatakan, Rokan Hulu memilki potensi yang sangat baik dalam hal perikanan air tawar. Karenanya, melalui situs ini dirinya dan beberapa teman ingin memperkenalan potensi itu kepada seluruh halayak, baik di Indonesia maupun luar negeri. Perihal bahasa, situs Diskannak ini memang masih menggunakan Bahasa Indonesia. Namun ke depan, pihaknya tengah mempertimbangkan penggunaan Bahasa Inggris untuk menyampaikan pesan-pesan mereka.

Untuk memperjelas misi keberadaan website ini, masing-masing instansi diberikan potensi yang sama untuk menyampaikan pesan-pesan mereka yakni potensi perikanan yang lebih merupakan wewenang Perikanan. Lalu ada Peternakan Rohul, juga diberikan kesempatan untuk menampilkan potensi Peternakan daerah ini.

Situs yang didaftarkan bulan Februari ini terus berbenah. Tiga operator situs minggu lalu dikirim ke Riau Pos Net untuk mengikuti pelatihan internal berkaitan dengan updating dan operasional situs. Riau Pos Net, sebagai unit usaha Riau Pos yang ikut mendisain situs tersebut memberikan pelatihan secara maksimal, sehingga situs ini kelak dapat langsung dikendalikan dari Rohul, atau dari mana saja oleh operator.

Harapannya, potensi-potensi yang selama ini belum terkuak akan memperoleh kesempatan tampil dan berkembang secara optimal. ***

Comments

Paling Banyak Dibaca