Skip to main content

Indahnya Berbagi (Akses)

Oleh: Nasori Habib
nasori-habib@riaupos.com


Berbagai kemudahan yang Anda dapatkan dari memiliki layanan internet, sudah beberapa kali kami turunkan dalam laporan kami. Yang mungkin belum belum banyak Anda dapatkan informasinya adalah bagaimana indahnya jika akses internet yang Anda miliki itu juga bisa dirasakan oleh tetangga lainnya. Sehingga kami menyebutnya indahnya berbagi.


Ini dimungkinkan karena kecepatan yang diberikan oleh RT RW Net Riau Pos dapat digunakan untuk empat komputer. Artinya, jika Anda dan tetangga memiliki komputer, mengapa tidak disambungkan ke internet saja? Dijamin iyurannya sangat terjangkau. Dengan paket personal yang hanya Rp200.000 sebulan itu, kini Anda bisa secara bergotong royong menanggung iyurannya. Jadi, setiap rumah hanya membayar Rp50 ribu saja. Murah sekali, bukan?



Memang ada beberapa peralatan yang harus Anda siapkan untuk berbagi itu. Karena Riau Pos Net sebagai pihak penyelenggara RT RW Net hanya menyediakan akses, antena radio penerima, dan kabel. Selebihnya perlu Anda persiapkan. Namun kami berani memastikan bahwa dana yang Anda perlukan untuk mempersiapkan peralatan pembagi itu tidak akan mengganggu cashflow Anda. Yang perlu Anda persiapkan untuk membagi akses tersebut hanyalah berupa hub atau swich.



Saat ini yang beredar di pasaran adalah switch 8 port dan 16 port. Memang ada kelebihan 4 port, karena Anda hanya membaginya untuk 4 rumah saja. Sayangnya pabrikan memang tidak mengeluarkan lagi model yang 4 port. Selanjutnya Anda lengkapi juga dengan kabel UTP. Berapa panjang yang Anda perlukan tergantung dari berapa jauh jarak antara rumah Anda dengan rumah tetangga. Makin dekat jarak rumah Anda, makin pendek pula kabel yang diperlukan. Di beberapa toko tertentu Anda bisa mendapatkan kabel yang dijual permeter. Beberapa toko ada yang menjualnya dalam bentuk gulungan.



Sebaiknya, Anda minta juga dipasangkan RG 45 di masing-masing ujung kabel, sehingga begitu sampai di rumah Anda langsung bisa memasangkannya ke swich. Untuk semua biaya pembelian peralatan tersebut ada baiknya Anda diskusikan dahulu pada tetangga Anda. Jika Anda sudah dapatkan harganya, dan tetangga Anda setuju berbagi biaya, sebagaimana Anda juga sudah menawarkan untuk setuju berbagi akses, maka Anda dapat menghubungi tim kami di nomor telepon 64632 setiap hari kerja.



Kami akan menurunkan tim untuk melakukan survey. Tujuannya untuk memastikan bahwa ketinggian lokasi Anda memungkinkan untuk menerima sinyal dari stasiun kami, dan jenis antena yang sesuai. Jika tidak, mungkin kami akan menawarkan pilihan lain, seperti kemungkinan untuk menaikkan tower, atau jalan keluar lainnya.



Jika semuanya sudah terpasang, ’gangguan’ sudah teratasi, maka akses internet segera mengalir ke perumahan Anda dan tetangga Anda. Sejak saat itu, komputer Anda akan terhubung ke jaringan komputer di seluruh dunia. Ada sementara anggapan, berbagi akses ini mengancam sekuriti komputer kita. Kami rasa, anggapan itu terlalu berlebihan. Walaupun komputer Anda terhubung oleh komputer tetangga karena menggunakan swich yang sama, tidak berarti mereka atau Anda dengan leluasa memasuki komputer yang lain.



Kecuali, jika Anda memang mengaktifkan file share, tentu akan lain ceritanya. Jadi, sepanjang file share tidak diaktifkan, kerahasiaan data Anda di dalam PC akan tetap seperti itu. Masing-masing tetangga akan berselancar sesuai dengan keperluan, tanpa harus khawatir ada yang akan "mengintip" data kita.



Dan yang lebih penting lagi, sepakat untuk berbagi akses murah ini membuat kita tidak harus pusing memikirkan sumber anggaran untuk membiayai akses internet kita.***

Comments

Paling Banyak Dibaca